Press "Enter" to skip to content

Terungkap, Tools Kesukaan Para Developer Python

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling digemari saat ini, namun bagaimana developer memanfaatkannya? dan tools apa saja yang disukai oleh para developer python diseluruh dunia? Untuk menjawab pertanyaan ini The Python Software Foundation bersedia memberikan penjelasan.

Tahun kemarin, lebih dari 20 ribu penggemar dan developer profesional dari 150 negara mengikuti survey yang diadakan oleh The Python Software Foundation yang bekerjasama dengan perusahaan software IDE JetBrains. Hasil survey menunjukan saat ini lebih banyak developer menggunakan Python untuk analisis data ketimbang pengembangan web. Penggunaan Pyhon untuk machine learning juga meningkat sekitar 7 persen.

Python juga digunakan oleh para developer untuk membuat script administrasi sistem dan devOps, khususnya digunakan dengan Bash script.

Beberapa framework dan library lebih menonjol penggunaanya. Untuk data science dan machine learning misalnya, banyak developer menyukai NumPy, Pandas, Matplotlib sedangkan library yang banyak digunakan adalah scikit-learn, TensorFlow dan Keras. Untuk menangani Big Data, platform yang paling populer adalah Apache Spark.

Django dan Flask merupakan framework yang paling banyak digunakan oleh pengembang web, sedangkan seperempat dari pengembang web yang mengikuti survey adalah kaum programer puritan, yaitu mereka yang sama sekali tidak menggunakan framework.

Software library yang dianggap sangat berguna bagi para developer Python adalah Request-digunakan untuk mengirimkan dan menerima informasi via http, Pillow-manipulasi citra, dan asyncio yang digunakan untuk asynchronous request.

IDE paling populer untuk menulis code Pyhon adalah PyCharm Suite, menyusul dibelakangnya “Immortal” Vim, Sublime dan Jupyter. Sedangkan database yang paling umum digunakan adalah PostgreSQL, menyusul MySQL.

Ewa Jodlowska, direktur operasional bagi Python Software Foundation mengatakan bahwa survey kali ini merupakan survey paling besar yang pernah diadakan dan berharap survey ini dapat menjelaskan pada komunitas tren-penggunaan Python diseluruh dunia.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.