Press "Enter" to skip to content

Jangan Panik! Medan Magnetik Kutub Utara bergeser Lebih Cepat

Medan magnetik bumi memang bergeser secara konstan, namun akhir-akhir ini medan magnetik didaerah arktik menunjukan pergeseran yang tidak biasa, sedemikian seriusnya pergeseran ini mengakibatkan para peneliti harus merilis pembaharuan penting bagi software navigasi agar tetap akurat menunjukan arah utara.

“pergeseran kutub (magnetik) antara tahun 1900 – 1990 adalah 1000 km, dan pergeseran kutub dari tahun 1990 hingga sekarang juga berkisar 1000 km, jadi ini pergeseran yang sangat cepat” ujar Willian Brown, seorang modeler medan geomagnetik global yang terlibat dalam pembaharuan software navigasi.

Saat kutub bergeser, peta harus dicetak ulang, dan peta digital yang digunakan pada perangkat seperti ponsel ataupun software pemetaan yang digunakan oleh militer dan pemerintah harus diperbaharui, siapa yang bertugas melakukan pembaharuan? pembaharuan peta cetak maupun digital merupakan wewenang World Magnetic Model yang dibiayai oleh A.S dan Inggris,

WMM akan memprediksi seberapa jauh kutub bergeser dan seberapa banyak porsi lain dari medan magnetik yang akan bergeser selama rentang waktu itu, biasanya pembaharuan dilakukan setiap lima tahun sekali.

Tapi beberapa tahun belakangan medan magnetik kutub utara mulai menunjukan keanehan. Fenomena tidak biasa ini dimulai dari pergerakan kutub dari Arktik Kanada menuju Siberia.

“Terkadang pergeseran cepat, namun kadang juga lambat, alasan pergeseran yang cepat terjadi pada kutub, dikarenakan meningkatnya aliran pada daerah tertentu,” ujar brown. Peningkatan kecepatan ini disebut pulsa geomagnetik, dan sulit untuk diamati.

“Jangan Panik, ” tegas Brown, “Medan magnetik memang berubah, dan kita lihat perubahan yang cepat dan tidak diharapkan, ini saja yang kita ketahui. Tidak kita ketahui bagaimana ini bisa terjadi, namun kita menyadari bahwa hal ini terjadi”

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.