Sains

Ini Perbedaan Antara Komet dan Asteroid

Pada sistem tata surya kita, banyak pula benda lain yang ikut mengitari matahari, diantaranya planet-planet lain beserta bulannya masing-masing juga asteroid dan komet, lalu apakah sebenarnya komet dan asteroid?

Asteroid hanyalah batu yang mengitari matahari, umumnya lebih kecil daripada planet namun ada juga yang berukuran sangat besar seperti asteroid Vesta. Terdapat sekitar 780.290 asteroid pada tata surya kita dan tidak semuanya terbuat dari materi yang sama. Ilmuwan mengelompokan asteroid berdasarkan materi pembentuknya kedalam tiga kelompok, yaitu metalik; bebatuan; atau bebatuan keras yang bercampur dengan materi lain seperti tanah liat.

Kita masih terus berupaya meneliti dan memahami asteroid, baru-baru ini pesawat luar angkasa jepang Hayabusa-2 berhasil mendarat di asteroid Ryugu, dan OSIRIS-REx milik NASA tengah dialihkan ke asteroid lain bernama Bennu. Kedua misi luar angkasa tersebut berusaha mengambil sampel dipermukaan asteroid yang nantinya akan dibawa kembali ke bumi.

Asteroid merupakan hal yang penting untuk diteliti oleh para ilmuwan, mengingat ia bisa menjadi ancaman di masa depan, lalu bagaimana dengan komet? tidak seperti asteroid yang terbentuk dari bebatuan atau metalik, komet lebih cenderung seperti bongkahan-bongkahan es daripada bebatuan.

Komet cenderung memiliki orbit yang jauh dari matahari, mengelilingi area yang memiliki suhu lebih dingin. Terkadang orbit komet mendekati matahari mengakibatkan bongkahan es berubah menjadi uap air, lalu membentuk awan debu dan gas yang membuntuti nucleus dari komet. Seiring dengan pergerakannya, awan debu dan gas yang terus mengikuti nucleus membentuk ekor yang memiliki panjang hingga ribuan kilometer. Saat komet dekat dengan bumi, ekor komet terlihat seperti garis yang terang di langit.

Lokasi pendaratan pada misi Rosetta, gambar diambil pada jarak sekitar 100 km.

Pada tahun 2006 sekelompok ilmuwan yang tergabung pada misi Stardust berhasil mengambil sampel dari ekor komet, juga misi Rosetta yang berakhir pada tahun 2016 sukses mengambil sekitar 100.000 foto permukaan komet yang mengagumkan.

Pendek kata, yang membedakan asteroid dan komet ialah, asteroid terbuat dari bebatuan dan besi sedangkan komet terbentuk dari materi beku yang dapat menguap saat terlalu dekat dengan matahari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.