Budaya

Pembuat Kernel Linux Ambil Cuti Untuk Belajar Memahami Manusia

Minggu ini komunitas Linux mendapat pesan yang tidak biasa dari sang creator kernel Linux, Linus Torvald. Dalam pesannya Torvald menuliskan “Minggu ini beberapa orang dari komunitas menentang sikap saya yang dianggap kurang memahami emosi orang lain,” dalam pesannya Torvald juga meminta maaf atas sikapnya yang kasar terhadap anggota komunitas, juga mengumumkan bahwa ia akan menghilang untuk sementara, “Saya harus mengubah prilaku, dan saya ingin meminta maaf kepada orang-orang yang tersakiti dan mengakibatkan mereka keluar dari pengembangan kernel akibat prilaku saya.” tulis Torvald.

Seberapa parah prilaku Torvald terhadap anggota komunitas Linux?  Untuk menjawab itu ada sebuah proyek riset yang melatih komputer untuk menganalisa surel dari Torvald, hasilnya? dari 21 ribu surel Torvald selama 4 tahun belakangan, seribu surel mengandung kata “kotoran.” ditemukan juga beberapa kata kasar seperti “pelacur” dan “bajingan,” bagi programer wanita di komunitas penghinaan dilakukan secara pribadi yang mengakibatkan banyak wanita meninggalkan komunitas. Torvald juga pernah mengatakan secara terang-terangan di mailing list Linux “Bunuh saja dirimu! dunia akan jadi lebih baik,” juga “Sekumpulan monyet yang mansturbasi,” dan “Ini bukan kontes menghisap kemaluan!” kepada para programer yang dianggap merusak kernel Linux.

Prilaku kasar Torvald tidak hanya ditujukan kepada anggota komunitas Linux, dalam beberapa debat panas di internet Torvald pernah mengatakan “otak rusak” kepada orang-orang yang mengkritik kernel Linux, Torvald juga pernah memaki perusahaan nVidia karena dianggap tidak bersahabat dengan kernel Linux.

Torvald yang saat ini berusia 48 tahun dan tinggal di Portland, A.S masih pengembang utama kernel Linux, yaitu core sistem operasi GNU/Linux yang digunakan oleh 96,3 persen server top dunia berdasarkan data Alexa, Linux juga digunakan oleh semua super-komputer paling cepat didunia dan merupakan dasar dari sistem operasi Android yang memiliki market share lebih dari 1 miliar pengguna.

Torvald akan menjauh dari komunitas dan pengembangan kernel untuk sementara, ia menuliskan bahwa masih sangat ingin meneruskan pengembangan kernel Linux yang telah dilakoninya selama hampir 3 dekade “saya butuh istirahat dan mendapatkan pertolongan agar memiliki prilaku yang berbeda,” tulisnya. Gregory Kroah-Hartman ditunjuk sebagai deputi oleh Torvald sendiri sebagai penggantinya untuk sementara waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.