NASA
Terapan

Misi NASA Untuk “Menyentuh” Matahari

Pesawat luar angkasa milik NASA yang bernama Parker Solar Probe yang akan lepas landas dari Kennedy Space Center pada tanggal 11 Agustus, akan menjadi pesawat luar angkasa pertama yang melakukan kunjungan ke bintang terdekat (matahari).

Parker Solar Probe ini akan menjawab banyak pertayaan mengenai fisika matahari yang membingungkan banyak ilmuwan selama lebih dari 6 dekade, pesawat ini juga akan menawab pertanyaan lama tentang bagaimana cara bintang bekerja.

Proyek ini sebenarnya sudah dipertimbangkan sejak tahun 1958, menjadikan proyek ini sebagai proyek tertua yang masih tercatat. Misi yang bernilai miliaran dolar ini bertujuan untuk meningkatkan perkiraan cuaca di luar angkasa yang dapat berdampak pada kehidupan di bumi.

Probe akan terbang melalui atmosfer matahari sedekat 3.9 juta mil ke permukaannya. Pesawat ini dilapisi perisai karbon berdiameter setinggi 8,5 meter yang akan melindungi pesawat terhadap panas dan energi dari atmosfer luar matahari, korona, di mana pesawat ruang angkasa akan terbang, sedangkan bagian depan perisai surya probe akan menahan suhu mendekati 2.500 derajat celcius.

Pesawat ini sudah diuji coba di APL dan NASA Goddard Space Flight Center dalam menghadapi getaran yang kuat, panas, dingin, dan suara. Semua pengujian ini untuk memastikan bahwa pesawat dapat bertahan dalam kondisi yang parah.

Misi ini dinamai Eugene Newman Parker, seorang fisikawan yang mengusulkan sejumlah konsep tentang bagaimana bintang-bintang mengeluarkan energi. Probe akan menjadi proyek NASA pertama yang menggunakan nama ilmuwan yang masih hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.