Formal Terapan

Pertama! Linux Versi Microsoft

Pada hari Senin Microsoft mengumumkan sebuah teknologi baru bernama Azure Sphere, teknologi ini merupakan sebuah sistem baru untuk mengamankan prosesor mungil yang memperkuat peralatan cerdas, menghubungkan mainan dan gadget.

Untuk memperkuat Azure Sphere Microsoft mengembangkan Linux versi sendiri. Hal ini dikemukakan oleh presiden Microsoft Brad Smith disebuah acara di San Francisco.

“Setelah 43 tahun, inilah hari pertama kami mengumumkan, dan akan mendistribusikan, kernel Linux custom”

Smith menjelaskan bahwa kebanyakan peralatan baru yang menggunakan prosesor menimbulkan kekhawatiran akan kemanan, seperti yang terjadi pada 2016 lalu, seorang hacker berhasil melancarkan serangan melalui kamera dengan kemanan yang rendah, akibatnya serangan cyber berhasil membuat website besar tak berdaya selama beberapa jam, namun hingga saat ini keamanan belum meningkat meskipun semakin banyak perangkat baru yang hadir.

Untuk itu, Azure Sphere menggunakan berbagai pendekatan hardware, software dan cloud untuk menyelesaikan permasalahan ini. Pertama Microsoft mendesain mikroprosesor baru yang lebih kuat, kedua Microsoft mengembangkan Azure Sphere OS, sistem operasi berbasis Linux yang akan digunakan pada chip, Smith menjelaskan meskipun Microsoft merupakan “perusahaan Windows” namun sistem operasi windows terlalu besar dan berat bagi chip, dan ketiga kombo dari chip dan OS akan di integrasikan ke layanan keamanan cloud Azure Sphere yang akan menjaga peralatan tetap patch kemanan untuk 10 tahun atau lebih.

Smith menambahkan bahwa detail dan hardware yang diperkuat oleh Azure Sphere akan segera dipasarkan tahun ini. Kali ini Microsoft tidak hanya mengembangkan Linux versi sendiri, namun juga menjadikan linux sebagai pondasi untuk produknya, hal ini membuktikan segala sesuatu dapat saja terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.