Budaya

Open Source Memasuki Tahun Ke-20

Banyak orang yang belum mengetahui, selama ini open-source bekerja setiap saat melayani mereka. Sebagai contoh, Linux dan BSD digunakan pada lebih dari separuh server perusahaan besar hingga startup kecil di planet ini, Linux bahkan O.S yang mendominasi superkomputer didunia, open-source juga berada pada inti ponsel Android, bahkan browser yang populer menggunakan open-source termasuk Mozilla, Opera dan proyek Chromium. Software open-source seperti linux sangat penting bagi para developer bahkan Microsoft mengintegrasikannya pada Windows 10.

Terminologi open-source lahir dua puluh tahun lalu dibulan Februari. Pemahaman “free software,”dimana pengguna diijinkan untuk melihat source code akhirnya dicetuskan, terimakasih atas kerja keras Richard Stallman dan Free Software Foundation. Pada 3 Februari, 1998 anggota awal Open Source Initiative berkumpul untuk mengadopsi terminologi “open source,” beberapa hari kemudian definisi open-source dipublikasikan yang memicu pergerakan besar-besaran dan membantu membentuk masa depan teknologi.

Linus Torvald sang kreator Linux adalah salah satu orang yang dipengaruhi oleh ide open-source, tanpa-open source Linux Foundation kemungkinan tidak akan pernah ada, perkembangan software dan hardware yang kita nikmati saat ini juga tidak mungkin bisa berjalan mulus dan cepat tanpa kehadiran open-source.

Open-source merupakan elemen yang menjadi pondasi komputerisasi dunia, terimakasih atas upaya beberapa kelompok, developer mandiri, dan para pengguna. Untuk memperingati 20 tahun open source, berikut beberapa kilasan dari kami.

Sistem Operasi Open Source

Jika berbicara mengenai sistem operasi open-source, kemungkinan besar Linux (GNU/Linux) yang pertama ada di benak pengguna,  ada beberapa O.S lain seperti varian BSD (Free BSD dan Open BSD) namun Linux dengan berbagai distribusinya lebih menonjol.

Pada masa awal perkembangannya, Linux dianggap tidak ramah dan sulit digunakan oleh pengguna yang awam dengan komputer, tapi itu dulu, saat ini banyak distro yang sangat gampang untuk di instal dan digunakan, bahkan pengguna dapat mencobanya terlebih dahulu menggunakan flash-drive sebelum memasangnya secara permanen pada hard-drive. Ubuntu merupakan distro pilihan yang umumnya digunakan oleh pengguna baru.

Software Open Source

Perkembangan software open-source saat ini sampai pada titik dimana anda dapat menemukan alternatif bagi semua software yang dipatenkan. Bahkan anda dapat menjalankan software berpaten pada aplikasi open-source (namun tidak dianjurkan), sebagai contoh, jika anda ingin menggunakan software dari O.S Windows namun enggan menggunakan Windows dalam aktifitas sehari-hari, anda dapat menggunakan bantuan Virtual Machine pada Linux. Bermain game menggunakan Virtual Machine memang masih belum memuaskan, namun saat ini semakin banyak game populer yang mendukung Linux seperti  XCOM2, Rocket League, Civilization VI, Counter Strike dan beberapa game lain yang pernah meraih penghargaan.

Hardware Open Source

Tidak berhenti pada software saja, saat ini semakin banyak hardware yang didedikasikan untuk software open-source seperti System76 atau Purism Librem, namun definisi open-source pada hardware sedikit berbeda dikarenakan melibatkan komponen yang berpaten, kadang ada perangkat yang bersedia mempublikasikan skema hardware mereka. Raspberry Pi contohnya, masih menggunakan ARM chip berpaten, namun bagaimanapun semenjak pertama kali diluncurkan, board PC mungil ini kian hari semakin populer.

Open-source telah menginjak usia ke-20, dan jasanya untuk perkembangan baik itu industri maupun pendidikan di negara berkembang seperti Indonesia sangat besar, namun sayangnya penghargaan bagi kelompok, pengembang dan pengguna yang berusaha memperkenalkan ide ini belum maksimal, oleh karena itu bagikan pemikiran, pengalaman dan saran anda pada kolom komentar untuk membantu meningkatkan perkembangan open-source di Indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.