Bisnis

Linux Segera Menjadi Sistem Operasi Resmi Pemerintah Barcelona

Pemerintah Barcelona telah mengumumkan untuk mengganti sistem operasi Windows dan software berbayar yang selama ini mereka gunakan dengan Linux dan software open-source lainnya. Alasannya? jelas, untuk menghemat pengeluaran dengan memanfaatkan sumber daya gratis.

Barcelona bukanlah kota pertama yang bermigrasi ke Linux, Munich sebelumnya pernah melakukan hal serupa pada tahun 2013, namun pada tahun 2016 pemerintah Munich memutuskan untuk kembali ke Windows.

Tidak hanya menggunakan software open-source yang telah tersedia, Barcelona pun berencana untuk merekrut developer yang akan membuat software baru, yang nantinya akan didistribusikan dan digunakan oleh kota-kota lain di Spanyol. Kedengaran seperti janji surga, namun hanya waktu yang bisa menjawabnya mengingat kegagalan dua kota di Spanyol yang pernah bermigrasi ke Linux.

Salah satu alasan utama Pemerintah Munich meninggalkan LiMux-yang berbasis Ubuntu dan Libre Office lalu kembali menggunakan Windows dikarenakan LiMux “tertinggal jauh dibelakang kemungkinan teknis terbaru dari solusi standar yang mapan,” yang mengakibatkannya crash dan tidak stabil.

Para pembela open-source jelas menganggap ini alasan yang dibuat-buat, apalagi saat ini Linux memiliki dukungan yang sangat baikĀ  dan jauh lebih stabil.

Kota lain yang pernah mengambil langkah serupah adalah Vienna, pada tahun 2005 Vienna memutuskan untuk migrasi ke Linux, namun empat tahun kemudian memutuskan untuk kembali ke Windows.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.