Sosial

Permusuhan Amazon Dengan Google Semakin Sengit

Google telah menjadwalkan untuk mencopot aplikasi Youtube pada semua perangkat Fire TV milik Amazon pada hari Senin, namun Amazon sepertinya tidak “sudi” diperlakukan seperti karyawan yang dipecat, sebaliknya mereka memblokir aplikasi Youtube pada semua perangkat Fire TV Amazon Kamis kemarin.

Akibatnya, semua pengguna Fire TV yang ingin mengakses aplikasi Youtube dialihkan ke browser.

Peristiwa ini merupakan buntut dari pertikaian panjang antar dua raksasa teknologi yang bermula dari keputusan Amazon mencopot Google Chromecast dari online-store Amazon pada tahun 2015.

Saat itu Amazon mengklaim  bahwa mereka berusaha menghindari kebingungan yang bisa jadi disebabkan oleh penjualan item yang tidak memutar Prime Video. Klaim tersebut memicu keretakan namun peristiwa yang belakangan terjadi benar-benar merusak hubungan keduanya. Pasalnya, bulan ini seorang pelanggan Amazon memesan Chromecast melalui Voice Assistant Alexa, konyolnya Amazon justru meletakkan Fire TV stick pada keranjang belanja pelanggan.

Awal bulan ini sebenarnya Google telah menarik Youtube dari perangkat Echo Show Amazon dan Fire TV, namun memasangnya kembali dan memberikan alasan kepada publik bahwa kedua perusahaan sedang terlibat diskusi yang produktif.

Tidak jelas apakah kedua perusahaan benar-benar mendiskusikannya, minggu kemarin Amazon mulai menjual Chromecast lagi, namun memasang Prime Video pada perangkat tersebut.

Pada sebuah pernyataan, humas Amazon menolak untuk berkomentar mengenai apa yang pernah mereka diskusikan dan masa depan kerjasama dengan Google.

“Youtube dan jutaan website dapat diakses meggunakan web browser seperti Firefox atau Silk pada Fire TV, ” ujar humas Amazon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *