Terapan

Mengakui Memperlambat iPhone, Apple Digugat

Banyak pengguna iPhone yang kesal dan mereka mengambil langkah yang lebih jauh dengan menggiring perusahaan tersebut ke meja hijau. Sehari setelah perayaan Natal 5 orang pengguna iPhone melayangkan tuntutan ke pengadilan di New York atas kesengajaan Apple memperlambat iPhone seiring dengan penuaan baterai. Beberapa minggu belakangan gugatan serupa juga sudah diarahkan kepada Apple.

Para pengguna iPhone tersebut mengklaim bahwa setelah memperbaharui sistem operasi ke versi IOS terbaru perangkat mereka berjalan lambat, sehingga terpaksa meng-upgrade perangkat ke model terbaru. Isi gugatan menyatakan, jika mereka mengetahui penyebabnya adalah baterai, mereka lebih baik mengganti baterai daripada meng-upgrade iPhone mereka. Gugatan sebelumnya juga mengajukan argumen serupa.

Minggu lalu, Apple mengakui memperlambat iPhone 6, 6 Plus, 6 S, 6S Plus dan SE melalui pembaharuan software. Apple mengatakan fitur ini “hanya memperhalus penurunan performa seketika saat dibutuhkan untuk mencegah perangkat dari shut down yang tak terduga.” Baterai Lithium-ion yang digunakan oleh iPhone “kurang memadai memasok kebutuhan pada kondisi yang dingin, low-bat, atau penuaan, yang dapat mengakibatkan shut down seketika untuk melindungi komponen elektronik.” Pembaharuan software untuk mencegah hal ini terjadi.

Tetap saja pengguna iPhone bersikeras bahwa seharusnya Apple lebih terbuka mengenai isu fitur yang memperlambat dan hubungannya dengan penuaan baterai, Apple tidak dapat mengelak lagi dan mengaku mengenai fitur yang memperlambat iPhone setelah percobaan yang dilakukan oleh beberapa pengguna Reddit dan blogger.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *