Tekno

Smartphone Samsung Generasi Selanjutnya Memiliki Penyimpanan Internal Hingga 512GB

Samsung baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka telah memproduksi chip memory 512GB Universal Flash storage untuk perangkat mobile, artinya, ponsel Galaxy berikutnya akan memiliki penyimpanan yang sangat besar.

Ponsel dengan penyimpanan besar yang saat ini ada di pasaran memiliki memory 128 dan 256 GB, namun chip 512GB baru dari samsung memiliki kapasitas dua kali lipatnya. Samsung menjelaskan bahwa chip terbaru ini memiliki delapan chip 64-layer 512GB V-NAND, yang menarik dari chip baru ini, meskipun mampu menyimpan dua kali lipat lebih besar dari chip 256GB Samsung, namun chip ini tidak membutuhkan ruang yang lebih besar pada ponsel.

Tentu Samsung dan semua ponsel Android menyediakan storage eksternal melalui chip microSD, namun penyimpanan internal yang besar juga memiliki keuntungan tersendiri. Chip 512GB akan mampu membaca dan menulis data baru masing-masing dengan kecepatan 860MB per second, dan 255MB per second, yang menurut Samsung delapan kali lebih cepat dari microSD card rata-rata.

Lebih lanjut, Samsung mengatakan chip baru ini ditujukan untuk ponsel generasi selanjutnya, yang membuat kita bertanya-tanya, ponsel mana yang akan mendapatkannya? Apakah pada Galaxy S9 atau Galaxy Note 9? atau bisa jadi pada ponsel lain, seperti pada beberapa iPhone yang menggunakan memory chip Samsung?

Memperbesar kapasitas penyimpanan internal merupakan hal yang bermanfaat dalam beberapa hal, yaitu, sistem operasi dan aplikasi mendapat ruang lebih besar, kualitas foto dan video juga dapat meningkat. Samsung mengklaim bahwa chip 512GB dapat menampung sekitar 130 video berdurasi 10 menit dengan kualitas 4K Ultra HD.

Sementara pada model high-end memory mengalami peningkatan yang ekstrim, Samsung juga mengumumkan akan memperbanyak produksi chip 256GB juga, jadi semakin banyak nantinya ponsel dengan penyimpanan 256GB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.