Formal Terapan

Intel Berjuang Untuk Mendapat Ruang Pada Smartphone

Usaha Intel selama bertahun-tahun untuk mendukung prosesor bagi smartphone bisa dibilang gagal, namun saat ini Intel tengah bekerja keras agar dapat memasok chip komunikasi untuk smartphone.

Sejumlah kemajuan yang telah diumumkan oleh Intel pada Kamis (16/11/2017) mungkin akan membantunya untuk memperkuat kuda-kuda pada industri mobile yang kian ketat, bahkan bisa jadi, di masa mendatang terlibat langsung dengan salah satu perangkat mobile paling inovatif saat ini yaitu iPhone guna meningkatkan teknologi jaringan cepat yang dinamakan gigabit LTE untuk iPhone.

Hal baik yang dapat kita bayangkansaat ini, Intel akan membawa angin segar bagi kompetisi yang panas, memotong harga ponsel dan membuat teknologi yang lebih cepat.

Berikut ini hasil dari racikan koki di dapur Intel

  • Sebuah chip baru dengan code-name Gold Ridge tapi sekarang di labeli dengan nama XMM 8060, artinya Intel dapat digunakan bagi ponsel 5G yang kemungkinan akan rilis pada pertengahan 2019. Jaringan 4G saat ini menggunakan LTE memiliki kecepatan mendekati 1Gbps, teknologi 5G akan 10 kali lebih cepat dari itu dan membawa perubahan yang besar.
  • Kelanjutan dari XMM 8060, yaitu XMM 7660, akan memiliki kecepatan 2 kali lipat LTE atau sekitar 1.6Gbps dan frekuensi yang lebih luas, chip ini membantu fabrikan ponsel menjual produknya pada berbagai segmen pasar, juga membantu kita saat roaming dari satu negara ke negara yang lain.
  • Berikutnya chip XMM 7560 yang mungkin akan memperkuat Apple tahun depan. Teknologi gigabit LTE sendiri sudah tersedia di A.S, T-Mobile dan Verizon sudah mengklaim pasarnya sendiri.

Chenwei Yan, general manager untuk produk terkoneksi Intel mengatakan, Intel telah melakukan panggilan 5G pertama menggunakan sebuah prototype dari chip 8060. Chip 8060 tidak hanya mendukung gelombang radio konvensional dengan frekuensi kurang dari 6Ghz tapi juga gelombang-milimeter baru 28Ghz yang merupakan keunggulan dari 5G.

“Benar-benar panggilan 5G,” dilakukan menggunakan 28Ghz band, ujar yan. “Ini membuktikan 5G itu nyata.”

Intel telah mengumumkan chip XMM 7560 akan terdapat di ponsel pada tahun 2018, gigabit LTE masih terus dikembangkan pada prototype sekarang. 7560 juga akan mendukung teknologi jaringan CDMA, meskipun teknologi CDMA sudah uzur, namun masih penting bagi pelanggan Verizon.

Rival terberat Intel dalam chip untuk komunikasi, Qualcomm, sudah terlebih dahulu menyediakan dukungan bagi gigabit LTE, dan beberapa ponsel Android, termasuk Samsung Galaxy S8 dan Galaxy Note 8, LG V30, dan HTC U11 mendukungnya, namun Apple iPhone 8 dan iPhone X tidak mendukung gigabit LTE.

Saat ini iPhone menggunakan chip komunikasi dari Intel dan Qualcomm, namun Apple dan Qualcomm tengah berselisih atas hak cipta yang berujung di meja hijau, tentunya ini dapat memperbesar kesempatan Intel untuk bekerjasama dengan Apple di masa yang akan datang.

Apple menolak untuk berkomentar lebih banyak, namun Pete Lancia, vice president untuk pemasaran Qualcomm mengatakan ia tidak khawatir Intel akan menjadi rival berat dikemudian hari.

Qualcomm telah membuat chip modem yang cocok dengan kebutuhan provider saat ini untuk meningkatkan kecepatan jaringan serta menurunkan delay, ujar Lancia. “Itu membuat kami memiliki posisi yang kuat pada teknologi modem. Seiring dengan transisi dari 4G ke 5G, kami berharap terus berlanjut.”

Ponsel 5G yang diperkuat oleh Qualcomm akan tersedia pada awal 2019, ujar Lancia. Qualcomm telah mengumumkan panggilan 5G pertamanya sebulan yang lalu.

Intel berharap menjual chip 5G seri 8000 bagi ponsel dan perangkat lain, ujar Yuan. Itu berarti juga untuk PC, perangkat jaringan broadband rumahan dan juga mobil.

“5G merupakan konvergensi komunikasi dan komputasi yang sebenarnya” ujar Sandra Rivera, senior vice president untuk produk jaringan dari Intel.”Kami memiliki komplemen penuh dari kecakapan software dan hardware.” tegasnya optimis.

One thought on “Intel Berjuang Untuk Mendapat Ruang Pada Smartphone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *