Natural Sosial

6 Fakta Ilmiah Hari Natal, Sinterklas dan Rusa Kutub

Jika anda merayakan natal, dan anda adalah pendongeng yang buruk untuk meyakinkan keponakan atau adik anda yang masih kecil bahwa Sinterklas benar-benar ada, mungkin beberapa fakta ilmiah berikut bisa anda sisipkan pada bualan anda untuk meyakinkan mereka.

Thomas Alva Edison adalah bapak lampu natal modern

Selain menemukan bola lampu praktis yang pertama, Thomas Edison juga orang yang pertama kali membuat rangkaian lampu natal, pada natal tahun 1880 rangkaian lampu natal terjuntai indah mengelilingi laboratorium Menlo Park miliknya menarik perhatian orang yang berlalu-lalang, namun baru sekitar 40 tahun kemudian lampu natal digunakan secara luas.

Sebelum ada lampu natal, yang digunakan untuk memeriahkan pohon natal adalah lilin, namun hal ini tidak jarang justru mendatangkan malapetaka seperti kebakaran. Edward H. Johnson sahabat sekaligus rekan kerja Edison adalah orang pertama yang meletakan lampu pada pohon natal, ia merangkai dengan tangannya sendiri 80 bola lampu merah, putih dan biru lalu melingkarkannya pada pohon natal. Sayangnya saat itu dunia masih belum siap dengan penerangan listrik, ketidakpercayaan terhadap listrik masih sangat besar sehingga penggunaan lampu pada pohon natal mulai populer bertahun-tahun sesudahnya.

Sebaik apapun cara menggulungnya, lampu natal akan selalu kusut

Fisikawan telah membuktikan bahwa kabel apapun yang memiliki panjang lebih dari dua meter lebih memiliki kemungkinan untuk kusut, hal ini dikarenakan hanya sedikit cara untuk melepaskan kabel dari simpul dan banyak sekali hal yang dapat menyebabkan kabel menjadi kusut.

Sinterklas bergantung pada kekuatan betina

Kereta Sinterklas ditarik oleh sekumpulan rusa yang keseluruhan memiliki tanduk, namun ternyata rusa kutub jantan menanggalkan tanduk pada musim dingin, jadi seluruh rusa yang menarik kereta Sinterklas adalah rusa betina.

Rusa kutub jelas tidak terbang, namun mereka mengambang

Bulu rusa kutub menampung air, hal ini menyebabkan mereka akan membengkak dan mengambang jika berada didalam air.

Beberapa rusa kutub memang berhidung merah

Hal ini disebabkan oleh banyaknya pembuluh darah pada hidung rusa kutub yang membantu mereka untuk mengatur suhu tubuh.

Kereta Sinterklas memiliki kecepatan sekitar 7.531.730 km/jam

Jika Sinterklas harus mengantarkan hadiah kepada seluruh anak-anak yang ada didunia pada malam natal maka kereta Sinterklas harus memiliki kecepatan 7.531.730 km/jam, dengan kecepatan itu hanya keajaiban yang dapat mencegah Sinterklas dan keretanya dari kobaran api.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *