Linux Samsung
Formal Terapan

Linux Segera Bisa Digunakan Pada Perangkat Mobile Samsung

Baru-baru ini Purism telah mendapatkan pendanaan untuk segera mengerjakan Librem 5, smartphone dengan sistem operasi Full Linux yang membidik pasar pengguna Linux dan developer, dan sepertinya Samsung mengendus peluang pasar yang baru.

Samsung telah mengumumkan bahwa O.S Linux tidak lama lagi bisa dipasang pada Note8, Galaxy S8, smartphone S8+ dan bahkan desktop Linux.

Samsung mengatakan mereka tengah membuat sebuah aplikasi yang dinamakan “Linux on Galaxy” yang memperbolehkan pengguna “memasang distro Linux kesukaannya pada smartphone memanfaatkan kernel Linux yang dipergunakan oleh O.S Android.”

Kapanpun pengguna membutuhkan fungsi tertentu yang tidak tersedia pada sistem operasi smartphone, pengguna dapat dengan mudah berpindah ke sistem operasi Linux menggunakan aplikasi dan menjalankan program apapun yang mereka inginkan.

Samsung mengatakan, aplikasi tersebut memungkinkan untuk menjalankan beberapa sistem operasi bekerja pada sebuah perangkat Samsung. Desktop Linux dapat dipergunakan jika pengguna menghubungkan ponsel mereka ke DeX Station.

Samsung berpikir bahwa para developer merupakan pasar bagi Linux on Galaxy, yang berarti para developer dapat mengatur secara penuh perangkat mereka untuk bekerja kapanpun, dimanapun. Hal ini juga mengindikasikan bahwa para developer dapat melakukan coding menggunakan ponsel dan Samsung DeX.

Samsung mengatakan Linux on Galaxy tengah dikerjakan dan menawarkan notifikasi melalui email jika anda ingin mengetahui lebih banyak.

2 thoughts on “Linux Segera Bisa Digunakan Pada Perangkat Mobile Samsung

  1. ” . .. … dinamakan “Linux on Galaxy” yang memperbolehkan pengguna “memasang distro Linux kesukaannya pada smartphone memanfaatkan kernel Linux yang dipergunakan oleh O.S Android.”

    kalo sama-sama kernel hasil oprekan distro android bukannya sama aj tuh .??
    Lain lagi kalo “bootloader” Galaxy Note 8 mendukung multi-boot ataupun chained-bootloader. Fitur ini dapat memungkinkan bootloader memuat kernel distro lain untuk mengambil alih serta menjalankan perangkat sepenuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *