Purism
Formal Terapan

Smartphone Linux dari Purism Berhasil Mendapatkan Pendanaan

Jutaan orang berbahagia dengan smartphone Android dan iPhone mereka, akan tetapi ada pengguna yang menginginkan kontrol maksimum bagi perangkat komunikasinya, untuk pengguna tersebut ada kabar baik, Purism saat ini telah memiliki pendanaan yang cukup untuk memulai pembuatan smartphone Purism Librem 5.

Mulanya, usaha Purism untuk mendapatkan pendanaan sebesar $1.5 juta terlihat kurang meyakinkan dan kampanye crowdfunding Librem 5 berjalan terhuyung-huyung tak menentu, tanpa diduga KDE dan GNOME menyatakan dukungan bagi project ambisius Purism.

“Memiliki open-source software stack dan Libre gratis pada perangkat mobile adalah impian yang menjadi kenyataan bagi banyak orang dan Purism telah memiliki tim yang terbukti dapat mewujudkan mimpi ini. Kami sangat senang menyaksikan Purism dan hardware Librem 5 dibentuk untuk mendukung GNOME” ujar Neil McGovern, eksekutif direktur GNOME Foundation.

Selain memberikan pilihan GNOME atau KDE untuk antarmuka, smartphone Purism Librem 5 akan menggunakan Debian-based Linux PureOS dari Purism, dan hebatnya lagi perusahaan tersebut berjanji anda dapat memasang distro Linux lainnya.

Smartphone anyar ini bukan hanya untuk pecinta open-source saja, Librem 5 juga didesain untuk melingdungi rahasia dan keamanan. Contohnya, Librem 5 akan menyertakan Hardware Kill Switches untuk kamera, wi-fi, bluetooth, dan 3G/4G. Dengan Librem 5, saat anda tidak ingin terhubung kemanapun maka semua koneksi akan terputus total, tidak akan ada pengambilan data dari layanan pihak ke-3 tanpa sepengetahuan anda.

Sebagai tambahan, Purism mengklaim smartphone mereka akan meiliki enkripsi komunikasi end-to-end. Hal ini akan dilakukan menggunakan Matrix, ini merupakan sebuah open standard bagi komunikasi real time interoperable dan terdesentralisasi Untuk VOIP dan pesan instant.

Jika semua berjalan lancar, Purism berharap smartphone sudah bisa dikirim kepada pengguna pada Januari 2019.

Kampanye crowdfunding, khususnya untuk project hardware, sebelumnya tidak pernah ada track record yang memuaskan. sebaliknya, Purism secara sukses menghasilkan laptop Linux crowdsourced yang juga menjadikannya sukses secara komersil.

Meskipun pendanaan telah memenuhi target, namun masih tersisa beberapa hari untuk penggalangan dana, Purism memanfaatkannya untuk memaksimalkan pengumpulan dana lebih banyak sebelum memulai project.

Ini adalah sebuah project ambisius yang membutuhkan kerja keras, dan kita semua yang menginginkan perangkat open-source mobile baru ini berharap dapat menggenggamnya pada awal 2019, bahkan sebelumnya jika bisa, lebih cepat lebih baik.

2 thoughts on “Smartphone Linux dari Purism Berhasil Mendapatkan Pendanaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *