Natural

Yang Sebaiknya Diketahui Dari Hujan Asam

Hujan asam, atau endapan asam adalah istilah yang mencakup segala bentuk pengendapan dalam komponen-komponen asam, seperti asam sulfat atau asam nitrat yang berasal dari atmosfir dalam bentuk cair maupun kering. Artinya hujan asam tidak terbatas pada hujan saja namun juga salju, kabut, hujan es bahkan debu.

Apa yang menyebabkan hujan asam?

Hujan asam terjadi saat sulfur dioksida (SO2) dan nitrogen oksida (NOx) naik ke atmosfir dibantu oleh angin. So2 dan NOx bereaksi dengan air (H2O), oksigen (O2) dan senyawa kimia lain hingga membentuk asam sulfat dan nitrat. Sebelum jatuh ke tanah, senyawa tersebut bercampur dengan material lain.

Sebagian kecil SO2 dan NOx yang menyebabkan hujan asam berasal dari sumber alam seperti gunung berapi, namun penyumbang terbesar berasal dari pembakaran bahan bakar fosil. dua pertiga SO2 dan seperempat NOx berasal dari pembangkit listrik, kendaraan, pabrik, kilang minyak dan industri lainnya.

Angin dapat berhembus jauh membawa SO2 dan NOx sehingga menyebabkan masalah bukan bagi hanya orang-orang yang tinggal didaerah penghasil SO2 dan NOx tapi semua orang, kita semua.

Bentuk-bentuk endapan asam

Endapan Basah

Endapan basah adalah apa yang paling sering kita anggap sebagai hujan asam. Asam sulfat dan nitrat yang terbentuk di atmosfir jatuh ke tanah bercampur dengan hujan, salju, kabut atau hujan es.

Endapan Kering

Partikel dan gas asam juga bisa deposit dari atmosfir. Tanpa ada kelembaban senyawa tersebut menjadi endapan kering, lalu dengan cepat melekat pada permukaan air, tumbuhan, bangunan atau apapun, mereka membentuk partikel yang lebih besar yang dapat membahayakan kesehatan manusia. Saat asam yang terakumulasi dibasuh oleh hujan, air hujan yang terkontaminasi asam mengalir kemana-mana dan membahayakan kehidupan tumbuhan dan hewan.

Pengukuran hujan asam

Keasaman dan alkalin diukur dengan menggunakan skala pH dimana 7.0 besifat netral. Semakin rendah pH suatu zat (kurang dari 7), maka semakin asam; semakin tinggi pH suatu zat (lebih dari 7) maka semakin basa. Hujan normal memiliki pH sekitar 5.6, sedikit asam memang, karena karbon dioksida (CO2) yang larut kedalamnya membentuk asam karbonat yang lemah. Hujan asam biasanya memiliki pH antara 4.2 dan 4.4.

Efek Hujan Asam Pada Kesehatan Manusia

Air hujan asam masih dapat ditoleransi oleh tubuh manusia (meskipun tetap berpengaruh), namun polutan penyebab hujan asam yaitu SO2 dan NOx, sama halnya partikel sulfat dan nitrat di udara bisa sangat merusak kesehatan manusia.

SO2 dan NOx bereaksi di atmosfir membentuk partikel sulfat dan nitrat halus yang dapat terhirup dalam paru-paru manusia. Banyak penelitian ilmiah yang menunjukan adanya hubungan antara partikel dan efek pada fungsi jantung dan paru-paru kronis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *