Formal Terapan

Free Update macOS High Sierra Sudah Tersedia

Cupertino, California – Apple hari ini mengumumkan macOS High sierra, rilis terbaru dari sistem operasi unix-base yang dikembangkan oleh Apple, sekarang sudah tersedia sebagai free update.

macOS berbasis teknologi yang dikembangkan di NEXT-sebuah perusahaan yang dibuat oleh Steve Job setelah meninggalkan Apple pada tahun1985. Disana sistem operasi unix-like NEXTSTEP yang berbasis mach kernel dikembangkan dan diluncurkan pada 1989.

Pada tahun 2016, dengan rilis macOS 10.12 sierra, nama OS X diubah menjadi macOS agar selaras dengan nama sistem operasi produk Apple lainnya seperti iOS, watchOS, dan tvOS.

macOS High Sierra terbaru memiliki beberapa fitur utama yaitu penyimpanan, video dan teknologi grafis. File sistem terbaru memastikan penyimpanan yang efisien dan reliable, juga mendukung High-Efficiency Video Coding (HEVC), yaitu standar industri terbaru yang memungkinkan kompresi video yang sangat efisien baik itu streaming maupun playback.

Metal 2, teknologi grafis terdepan dan tercepat Apple memperkuat pembuatan konten virtual reality, mendukung machine learning dan natural language processing. Metal 2 juga memiliki fitur API dan meningkatkan performa untuk memperlancar pekerjaan developer untuk membuat aplikasi dimasa mendatang.

“macOS High Sierra merupakan update yang penting yang membuat mac memiliki kemampuan dan responsif, sambil meletakan fondasi untuk inovasi dimasa depan,” ujar Craig Federighi, senior vice presiden Software Engineering Apple.

Beberapa aplikasi seperti Photos dan Safari mendapatkan pembaharuan,  belum ada penjelasan lebih lanjut dari Apple apakah Safari mendapatkan fitur anti lacak-yang menuai polemik dan mengakibatkan industri iklan kecewa lalu mengirimkan surat teguran kepada Apple.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *