Linux Kernel Founder
Formal Terapan

Rilis Kernel Linux 4.14 Pertama Menyertakan Fitur Fungsi Inti

Linus Torvalds telah mengumumkan release candidate (rc) untuk Linux 4.14, yaitu rilis stabil dari kernel Linux jangka panjang selanjutnya.

Rilis kali ini memperkenalkan beberapa fitur manajemen memory-inti terbaru, pembaharuan driver, dan perubahan dokumentasi, arsitektur, filesystem, jaringan dan tools.

Torvalds mengumumkan rilis 4.14 pada hari Sabtu kemarin, tepat sehari sebelum Linux-0.01 dirilis 26 tahun lalu, yang sebagian besar codenya dibuat oleh Torvalds sendiri. Saat ini ada lebih dari 4300 pengembang yang mengerjakan kernel, menambahkan sekitar 10.000 baris code perhari.

Torvalds mengatakan Linux 4.14 memiliki ukuran reguler dibandingkan rilis 4.13, namun belum berjalan mulus selama masa penyatuan patch, dan seperti biasa ia memberikan kritik atas proses namun tidak sepenuhnya menyalahkan para kontributor.

“Jangan salah paham – memang tidak buruk, namun saya benci menemukan permasalahan pada masa penyatuan patch yang menurut saya seharusnya sudah dibereskan sebelum code dikirim kepada saya, dan hal ini terjadi berulangkali pada rilis sekarang.” tulis Torvalds.

Torvalds tidak bisa sepenuhnya mempersalahkan kontributor karena rilis kali ini memiliki aktivitas yang tidak umum, yaitu 3 fitur manajemen memory-inti baru untuk virtual machine x86, termasuk dukungan untuk ASIS yang dikenal dengan PCID pada sistem x86, dukungan enskripsi memory AMD untuk prosesor EPYC, dan dukungan untuk 5-level paging Intel.

Sistem operasi menggunakan paging untuk menerjemahkan alamat virtual dan linear, yang digunakan oleh software untuk pengalamatan fisik dimana memory diakses. 5-level paging Intel meningkatkan addressable memory dari 256 terabytes menjadi 128 petabytes, hal ini guna dukungan yang lebih baik bagi super komputer x86.

“Jadi 4.14 mendapatkan beberapa fungsi sangat-inti yang baru,” ujar Torvalds

Sebagian besar tenaga yang mengerjakan rilis baru ini dihabiskan untuk pembaharuan driver. Menurut Torvalds, sekitar 1500 lebih kontributor dikerahkan untuk rilis ini.

Versi kali ini juga mendukung Hardware Board para pengembang lain termasuk, Raspberry Pi Zero W dan optimisasi untuk Hyper-V Microsoft, Xen dan KVM.

2 thoughts on “Rilis Kernel Linux 4.14 Pertama Menyertakan Fitur Fungsi Inti

  1. Pingback: Nuxid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *