Formal Terapan

iPhone 8 dan iPhone X Hingga Apple Watch di Keynote Event Apple

Selasa (12/07/2017) kemarin Apple mengadakan keynote event yang dihadiri oleh para petinggi Apple Inc, beberapa CEO dari perusahaan lain dan media. Acara dimulai dengan pembukaan oleh Tim Cook, CEO Apple Inc. Setelah itu secara bergantian Chief Eksekutif lain memperkenalkan dan menjelaskan produk serta fitur terbaru dari Apple. Tidak ketinggalan beberapa CEO dari perusahaan lain seperti Jenova Chen yang mempreview Sky, sebuah game petualangan yang tersedia beberapa bulan kedepan untuk Apple TV. Berikut adalah beberapa produk terbaru Apple yang saat ini sudah bisa pre-order kecuali iPhone X.

Apple TV 4K

Dibangun oleh chip A10x Fusion, yaitu chip yang sama dengan iPad Pro, Apple TV 4K Memberikan dukungan penuh untuk 4K dan High Dynamic Range (HDR) sehingga tidak mengherankan jika gambar yang dihasilkan akan sangat tajam, warna yang nyaris mendekati kehidupan nyata dan detail yang luar biasa pada area terang maupun gelap. Penonton dapat menikmati tayangan 4K HDR di iTunes. Jika versi 4k HDR sudah tersedia di iTunes maka pengguna akan mendapatkan pembaharuan judul pada iTunes library mereka. Apple TV 4K juga menawarkan tayangan 4K  HDR dari layanan video lain termasuk Netflix dan Amazon Prime Video.

Apple TV 4K sudah bisa dipesan sejak jum’at kemarin dengan harga mulai dari $179 (US) untuk 32GB atau $199 (US) untuk 64GB dan akan tersedia di Apple Store pada Jum’at mendatang.

Apple Watch Series 3

Anda tidak dapat setiap saat menggenggam iPhone maupun perangkat kesayangan anda, namun anda harus tetap terhubung untuk mendapatkan perkembangan terbaru. Apple Watch Series 3 memungkinkan anda untuk terhubung, melakukan panggilan, menerima pesan teks, meskipun tanpa iPhone didekatnya. Apple Watch generasi ketiga juga sahabat bagi kesehatan dan kebugaran anda dengan fitur pelatihan cerdas dan anti air hingga memungkinkan anda untuk melakukan aktifitas seperti berselancar atau berenang hingga kedalaman 50 meter.

Tidak lama lagi, perangkat yang diperkuat dual-core processor S3 akan mengombinasikan WatchOS dan seluler, hal ini memungkinkan pengguna Apple Music menyetel lebih dari 40 juta lagu dan radio dari pergelangan tangan mereka, juga untuk pertama kalinya pengguna dapat mendengar Siri berbicara melalui built-in speaker.

Apple series watch 3 tersedia dalam 2 model, yaitu dengan GPS+seluler dan GPS tanpa seluler. Keduanya memiliki chip wireless terbaru W2 yang diklaim 85% lebih cepat dan akan dijual dengan harga mulai dari $329 (US).

iPhone 8 dan iPhone 8 Plus

iPhone terbaru menambahkan fitur desain alumunium dan kaca dalam 3 pilihan warna, Retina HD display dan chip A11 Bionic, juga didesain untuk augmented reality. Single dan dual kamera dengan Portrait Lighting hanya ada pada iPhone 8 Plus. Kedua perangkat sudah bisa pre-order di lebih dari 25 negara mulai jum’at kemarin.

“iPhone 8 dan iPhone 8 Plus adalah generasi baru dari iPhone yang meningkatkan segalanya yang kita cintai dari iPhone,” ujar Philip Schiller, senior vice president marketing dari Apple.

iPhone 8 dan iPhone Plus memperkenalkan desain kaca pada body bagian belakang dalam tiga pilihan: gray, silver dan gold. Kaca tersebut terdiri dari 7 lapisan proses warna untuk ketepatan dan transparansi, yang kaya akan warna juga anti debu dan air. Desain kaca ini juga yang membuat Apple bisa mengaplikasikan pengisian daya nirkabel dengan ekosistem Qi.

4.7 dan 5.5 inci Retina HD display terbaru dengan penambahan True Tone meningkatkan white-balance dari display agar cocok dengan pencahayaan sekitar dan lebih natural layaknya melihat sesuatu langsung dari secarik kertas putih. Color gamut yang lebih luas Retina HD display menyajikan keakuratan warna terbaik yang pernah ada dalam industri smartphone dan stereo speaker yang telah didesain ulang 25% lebih keras dengan bass yang lebih baik semua untuk pengalaman yang menyenangkan saat mendengar musik, menonton video maupun berkomunikasi.

Apple mengklaim A11 Bionic merupakan chip paling kuat dan cepat yang pernah ada dalam smartphone, tentu saja kita harus menggunakan perbandingan Apple to Apple.  Chip ini Menambahkan 6-core desain CPU, dengan 2 core untuk performa yang 25% lebih cepat dan 4 core efisiensi 75% lebih cepat dibandingkan A10 Fusion. A11 Bionic juga mengintegrasikan GPU desain Apple dengan desain 3-core, meningkatkan performa grafis 30% lebih cepat daripada generasi sebelumnya.

Kamera 12-megapixel mendapatkan tambahan sensor yang lebih besar dan lebih cepat dengan filter warna baru dan pixel yang lebih padat. Pemroses sinyal gambar terbaru dari Apple menyajikan proses pixel yang canggih, warna yang lebih banyak, auto fokus yang lebih cepat pada cahaya remang dan foto HDR yang lebih indah. Kamera terbaru juga dilengkapi perekam video kualitas tinggi dengan stabilizer yang lebih baik, 4K video lebih dari 6ofps! dan 1080p slow motion lebih dari 240fps. Dengan IOS 11 iPhone 8 dan iPhone 8 Plus mendukung HEIF dan HEVC untuk kompresi 2 kali lipat bahkan lebih.

iPhone 8 Plus menambahkan 12-megapixel dual kamera dan memperkenalkan mode portrait dengan Portrait Lighting, membawa efek pencahayaan studio yang dramatik ke iPhone, para pengguna dapat mengambil gambar portrait dengan pengaturan efek ruang tajam dalam 5 gaya pencahayaan yang berbeda.

Iphone X

“Lebih dari satu dekade, tujuan kita selama ini membuat iPhone yang keseluruhannya adalah display. iPhone X adalah realisasi dari visi itu,” ujar Jony Ive, Chief Design Officer dari Apple.

iPhone X memperkenalkan desain revolusioner layar-penuh yang dengan tepat mengikuti lekuk sudut. 5.8 inci Super Retina Display OLED panel dengan warna mempesona, ketepatan hitam, satu banding sejuta rasio kontras dan dukungan warna yang lebih banyak.

Face ID merevolusi otentikasi iPhone X, menggunakan TrueDepth sistem untuk memetakan dan mengenali wajah secara akurat. TrueDepth juga menyajikan animoji, sebuah cara yang lebih mengasyikan dalam menggunakan emoji. kamera TrueDepth merekam dan menganalisa Lebih dari 50 pergerakan otot wajah, lalu menganimasi ekpresi tersebut kedalam animoji yang berbeda, termasuk panda, unicorn dan robot.

iPhone X sudah bisa dipesan pada 27 oktober mendatang dalam dua model yaitu 64GB dan 256GB dimulai dengan harga $999 (US).

2 thoughts on “iPhone 8 dan iPhone X Hingga Apple Watch di Keynote Event Apple

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.