Formal Terapan

Cara Ganti Password Root MariaDB (MySQL) Server Pada XAMPP

Setelah menginstal XAMPP untuk local development atau MariaDB/MySQL pada server, ada beberapa pengaturan yang sebaiknya segera dilakukan, salah satu yang terpenting adalah mengubah root password MariaDB/MySQL.

Jika anda browsing di search engine, anda akan menemui beberapa cara mengganti root password MariaDB/MySQL, namun kebanyakan cara-cara yang diajarkan cukup membingungkan bagi pemula, selain itu dapat mengakibatkan anda kehilangan akses root dan tidak bisa login ke phpMyAdmin.

Untuk mengganti password root MariaDB/MySQL pertama-tama aktifkan XAMPP terlebih dulu, lalu aktifkan juga Apache dan MySQL. Lalu buka command line melalui XAMPP control panel (klik tombol Shell) dan ketikan perintah berikut pada command line:
mysqladmin -u root -p flush-privileges password “Password”

Ganti kata password dengan password anda dan jangan sertakan tanda kutip, cukup password saja. Jika muncul pesan mysqladmin command is not found kemungkinan mysqladmin tidak ada pada folder instalasi anda, Jika anda adalah pemula saya anjurkan untuk menginstal ulang XAMPP versi terbaru yang bisa anda download langsung disini.

Bagi network administrator, sebaiknya menggunakan perintah berikut ini untuk keamanan:
mysqladmin -u root -p flush-privileges password

Setelah memasukan perintah, anda akan diminta memasukan password lama. Karena ini pertama kalinya anda mengatur password, biarkan kosong dan langsung enter. Cara ini lebih aman karena password anda tidak akan ditampilkan pada screen.

Jika instalasi dilakukan dengan benar dan mysqld daemon berjalan maka anda tidak akan mendapatkan pesan apapun.

Note!

Bagi pemula jangan pernah mengganti langsung root password melalui database mysql seperti yang di ajarkan beberapa forum dan video, lebih baik menggunakan admin tool seperti mysqladmin.

Setelah berhasil mengganti password root, ada baiknya anda melakukan pengecekan list username dan password pada server menggunakan perintah berikut:
mysql -u root -p -e “SELECT User,Host FROM mysql.user;”

List username dan host akan ditampilkan pada screen anda. Kemungkinan anda akan melihat beberapa username dan host, bahkan mungkin ada host yang tidak memiliki username. Sebaiknya hapus username yang tidak anda butuhkan, sisakan username root dengan host localhost dan username root dengan host 127.0.0.1 menggunakan perintah:
mysql -u root -p -e “DROP USER ‘username’@’nama host’;”

Isi dalam tanda petik username yang ingin anda hapus dan nama host dari username. Jika ada username yang ingin anda gunakan, sebaiknya anda mengatur password bagi username tersebut menggunakan perintah:
mysql -u root -p -e “SET PASSWORD FOR ‘username’@’nama host’

Setelah berhasil menghapus dan merubah password, sebaiknya lakukan flush-privileges untuk refresh MariaDB/MySQL:
mysqladmin -u root -p flush-privileges

Sekarang MariaDB sudah siap untuk anda gunakan, untuk memastikan semua proses berjalan dengan lancar buat satu user lagi untuk anda sendiri karena user root sebaiknya tidak digunakan selain pemberian atau pembatasan wewenang untuk akses database, gunakan perintah berikut:
mysql -u root -p -e “GRANT ALL ON *.* TO ‘username’@’nama host’ IDENTIFIED BY ‘password’

Lalu coba login ke MySQL client menggunakan:
mysql -u username -p

Anda akan diminta memasukan password, jika anda berhasil login, maka semua pengaturan pasca instalasi XAMPP server/MariaDB(MySQL) telah selesai, dan anda bisa memulai mengembangkan aplikasi anda sendiri.

One thought on “Cara Ganti Password Root MariaDB (MySQL) Server Pada XAMPP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.