Formal Terapan

Cara Memulihkan Koneksi Internet yang Terganggu Malware

Tiba-tiba koneksi internet terputus dan nama SSID pada wireless menghilang, sudah install ulang driver wifi namun masih belum bisa juga tersambung ke internet, ditambah lagi dengan performa komputer yang merosot jauh, booting lamban dan komputer jadi berat.

Untuk mengatasi hal ini ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, pertama-tama, lakukan scan pada komputer, pastikan komputer kita bersih dari virus atau malware.

Q: “tapi kan saya sudah pasang antivirus? kenapa harus scan, kalau ada virus toh pasti terdeteksi oleh antivirus.”

A: “belum tentu, ada beberapa virus atau malware yang kekinian, tidak terdeteksi oleh antivirus yang belum update.”

Q:”Kalau antivirus saya ini cuma buat pajangan saja, lalu antivirus apa yang harus saya gunakan?”

A:”Coba gunakan anti-malware seperti malwarebytes atau antivirus panda, tapi sebelum itu matikan terlebih dahulu system-restore, lalu bersihkan browser menggunakan adwcleaner”

Membersihkan Browser

Berdasarkan riset yang dilakukan website W3counter, browser yang paling banyak digunakan di dunia adalah Google Chrome dengan persentase 58.1%, lalu Safari (12,7%), dan firefox (12,4%) di urutan ke-3. Sedangkan menurut Wikipedia untuk Asia sendiri, termasuk Indonesia juga di dominasi oleh Google Chrome, karena itu tutorial ini diperuntukkan bagi khususnya ketiga browser paling populer di Indonesia.

Dari ketiga browser terpopuler, mungkin pengguna Chrome dan Mozilla yang paling banyak mengeluh, entah itu browsernya lambat, berat, lemot bahkan crash. Itu sudah tidak aneh lagi, apalagi pengguna yang sering download musik, film ataupun software bajakan, ada harga yang harus di bayar oleh kenikmatan yang disuguhkan barang bajakan, yaitu menurunnya kinerja browser akibat malware yang menempel di file download.

Kebanyakan pengguna yang tidak mau repot mungkin mengambil jalan pintas dengan menginstal ulang browser, tapi … ternyata bukan solusi yang tepat, karena beberapa hari kemudian browser kembali berat, kenapa? karena dengan menginstal ulang browser hanya ibarat menutup pintu, menggantinya dengan yang baru, sementara pencurinya sudah ada di dalam rumah.

Oleh karena itu langkah pertama yang kita ambil untuk mengatasi browser yang lemot adalah melakukan scanning menggunakan anti-adware. saya sangat menganjurkan anda menggunakan software gratis adwcleaner karena hampir setiap saya gunakan selalu berhasil menumpas tuntas adware. Lalu untuk memastikan komputer bebas dari virus gunakan anti-malware semacam Malwarebytes atau Panda.

Jika ada Malware yang memutus atau memblok koneksi internet anda, untuk kasus seperti ini anda terpaksa menggunakan USB drive.

Jika pada tahap pembersihan malware/adware software yang anda gunakan mendadak berhenti atau hang, maka terpaksa anda membersihkan browser terlebih dahulu secara manual.

Google Chrome
Untuk pembersihan Chrome secara manual, pertama-tama anda harus membuka setting pada browser. Tab setting pada Google Chrome berada di pojok kanan atas, tepat di bawah X (close) ada dropdown list, lalu pilih setting.

Setelah masuk ke setting, pada On startup klik set pages, ini adalah settingan untuk menampilkan website yang pertama kali muncul jika anda membuka Chrome. Jika disitu terdapat beberapa domain, arahkan mouse ke atas salah satu domain, akan mucul tanda x untuk menghapus domain tersebut. Saran saya, copy domain website kesukaan anda dan paste kesini, lalu hapus domain yang lain, cukup sisakan domain kesukaan anda saja.

Setelah itu kita menuju tab Manage search engine yang terletak di bawah Appearance, hapus semua yang ada di sini, sisakan satu search engine kesukaan anda.

Lalu di bawah search ada tab add person, masukan nama dan gambar akun baru pengguna browser, setelah ada dua nama, gunakan akun yang barusan anda buat, dan hapuslah akun pengguna lama anda.

Terakhir, masuk ke extension, ada di pojok kiri atas, di atas settings. Hapus semua extension dengan mengklik gambar tong sampah. Semua … ? termasuk Adblocker dan VPN Proxy? ya, semua, kecuali extension milik Google.

Mozilla Firefox
Pembersihan Mozilla tidak jauh berbeda dengan Chrome, untuk masuk ke setting anda pilih menu option dan lakukan langkah-langkah seperti membersihkan Chrome, hanya saja pada Mozilla anda tidak perlu membuat akun pengguna.

Setelah membersihkan browser secara manual, anda akan bisa menjalankan software pembersih malware/adware dan membersihkan junk file menggunakan system cleaner.

Karena koneksi internet terputus, maka usahakan copian software dari sumber eksternal (seperti usb drive), akan lebih baik dan aman jika anda masuk ke safe-mode untuk meng-copy software.

Setelah menginstal anti-malware, lakukan scan. Apabila pada proses scan antivirus mendadak mati, maka anda harus masuk ke safe-mode dan lakukan scan ulang.

Pada tahap ini komputer anda sudah bersih dari virus dan malware, akan tetapi masih belum bisa tersambung ke internet, pada saat mencoba wireless keluar pesan error, umumnya: Error 1747: The Authentication Service is Unknown. Error semacam ini dikenal dengan Winsock2 Corruption.

Q:”Lalu apalagi yang harus saya lakukan?”

A:”Klik tombol start, klik pada search box dan ketikan “cmd” (tanpa kutip), klik kanan pada cmd, pilih “Run as administrator”, akan meminta persetujuan anda, klik “yes”, lalu muncul DOS command-line interface. Pada Command-line ketikan “netsh winsock reset” (tanpa kutip), setelah proses reset, komputer akan meminta reboot, restartlah komputer.”

Q:”Setelah restart koneksi internet saya masih belum tersambung, apa langkah sebelumnya tidak berhasil?”

A:”Itu tandanya wireless service anda tidak bekerja otomatis, karena itu klik tombol start, klik kanan pada Computer, pilih “Manage”, double klik pada “Service and Applications.” dan double klik pada “Service.” temukan “Wlan AutoConfig” pada list. Kemungkinan anda menemui servis “Stopped”, aktifkan servis, juga jika pada sebelah kanan anda menemui “Manual” maka klik kanan pada “Manual” dan pilih “Properties”, pada dropdown box pilih “Automatic”, klik “Apply” lalu “Ok”. Anda masih harus menyalakan Wifi pada computer, dan saat ini seharusnya anda sudah bisa tersambung ke internet.”

Jika anda menemui kesulitan pada langkah-langkah di atas, atau masih belum bisa tersambung ke internet silakan berikan tanggapan pada komentar, semoga bermanfaat.