fisika quantum
Natural Terapan

Perjalanan ke Masa Depan Secara Teori Mungkin Dilakukan

Segala sesuatu yang ada di bumi atau lebih tepatnya ruang-waktu, bergerak dengan kecepatan konstan 1 jam/jam. Pertanyaannya, bisakah kita bergerak lebih cepat atau lebih lambat dari “1 jam/jam?” Atau bisakah kita melakukan perjalanan mundur lebih lambat dari ruang waktu, kembali ke masa lalu, dengan kecepatan katakanlah 2 jam/jam, atau 10 atau 100 tahun /jam?

Ilmuwan besar abad ke-20 Albert Einstein, mengembangkan teori yang disebut Relativitas Khusus. Ide-ide Relativitas khusus sangat sulit untuk dibayangkan karena ide tersebut bukanlah mengenai apa yang kita alami dalam kehidupan sehari-hari, tetapi para ilmuwan telah mengonfirmasinya.

Teori ini mengatakan bahwa ruang dan waktu merupakan aspek yang serupa, yaitu ruang-waktu. Ada batas kecepatan 300.000 kilometer per detik (atau 186.000 mil per detik) untuk apa pun yang bergerak dalam ruang-waktu, dan cahaya selalu bergerak pada batas kecepatan tersebut melalui ruang hampa.

Relativitas khusus juga mengatakan bahwa akan terjadi hal yang mengejutkan jika Anda bergerak melampaui ruang-waktu, terutama jika kecepatan Anda berhubungan dengan objek lain yang memiliki kecepatan cahaya. Waktu akan berjalan lebih lambat untuk Anda.

Anggap saja umur anda 15 tahun saat Anda meninggalkan bumi menggunakan pesawat ruang angkasa dengan kecepatan sekitar 99,5% dari kecepatan cahaya (jauh lebih cepat dari yang dapat kita capai sekarang), dan Anda merayakan ulang tahun sebanyak 5 kali selama perjalanan luar angkasa Anda.

Ketika Anda tiba di rumah pada usia 20, Anda akan mendapati semua teman sekelas Anda berusia 65 tahun! Karena waktu berjalan lebih lambat untuk Anda, 5 tahun perjalanan Anda sebanding dengan 50 tahun perjalanan waktu teman-teman sekelas Anda.

Jadi, jika perjalanan Anda dimulai pada tahun 2003 (dengan kecepatan hampir sebanding ruang-waktu), hanya membutuhkan waktu 5 tahun bagi Anda untuk melakukan perjalanan ke tahun 2053, yang artinya Anda telah melakukan perjalanan melampaui ruang-waktu. Ini adalah sebuah cara untuk pergi ke masa depan pada kecepatan lebih dari 1 jam/jam.

Perjalanan waktu serupa juga terjadi untuk objek dalam medan gravitasi. Einstein memiliki teori lain, yang disebut Relativitas Umum, yang memprediksikan bahwa waktu berjalan lebih lambat untuk objek dalam medan gravitasi (seperti di Bumi) daripada benda lain yang jauh dari medan gravitasi. Jadi, ada semua jenis distorsi ruang dan waktu didekat lubang hitam (Black Hole), di mana gravitasi bisa sangat kuat.

Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa ilmuwan telah menggunakan distorsi dalam ruang-waktu untuk memikirkan cara-cara yang memungkinkan mesin waktu bisa bekerja. Beberapa menyukai gagasan “lubang cacing,” yang mungkin saja merupakan jalan pintas melewati ruang-waktu. Hingga saat ini belum diketahui apakah teori ini dapat bekerja untuk objek yang nyata. Namun hingga saat ini semua teori berdasarkan ilmu pengetahuan yang solid.

Perjalanan ke masa depan adalah hal yang mungkin, tapi perlu dikembangkan teknologi yang sangat canggih untuk melakukannya. Kita bisa melakukan perjalanan 10.000 tahun ke depan dengan hanya menghabiskan masa 1 tahun dari usia kita. Namun, perjalanan tersebut akan menghabiskan energi yang luar biasa. Perjalanan waktu ke masa lalu jauh lebih sulit, belum ada teori atau pemahamannya.