Sosial

Tonggak Sejarah Musik Hip Hop

Sebagaimana aliran musik lain, rumpun hip hop berasal dari musik lain yang evolusinya dibentuk oleh banyak artis. Hip hop sebagai musik dan tradisi terbentuk sekitar tahun 70’an saat pesta jalanan menjamur di daerah New York khususnya dikalangan muda-mudi afrika-amerika yang mendiami kawasan Bronx.

Ada satu tonggak sejarah yang akan selalu diingat sebagai hari kelahiran hip-hop, yaitu sebuah pesta ulang tahun disebuah ruang rekreasi apartemen West Bronx. Penyelenggara dari pesta tersebut adalah Clive Campbell atau yang lebih dikenal dengan DJ Kool Herc, bapak dari musik hip-hop.

Lahir dan menetap di kingston, jamaika, hingga usia 10 tahun, DJ Kool Herc mulai memainkan potongan-potongan rekaman lagu yang ia rangkai di pesta-pesta kecil di Bronx pada awal tahun 70’an saat ia masih remaja. Herc sering meniru gaya DJ Jamaika dengan repetan pada rekaman yang sudah ia rangkai.

Inovasi khas Herc datang dari pengamatannya selama bertahun-tahun.

“Saya perlahan menyadari banyak orang yang menunggu bagian tertentu dari lagu untuk berjoget, mungkin untuk melakukan gerakan andalannya.”

Hal itu sering terjadi pada saat drum break-hilangnya semua suara selama beberapa ketukan. Pada masa itu umumnya para Dj menggunakan 2 turntable untuk memperhalus transisi antar lagu namun Herc justru menggunakannya untuk mengulang-ulang rekaman yang sama dan memperpanjang drum break, ia menyebut trik ini Merry Go-Round yang saat ini dikenal dengan istilah “break beat.”

Pada musim panas di tahun 1973, DJ Kool Herc sudah mulai menggunakan dan mengembangkan gaya break beat, dan saat acara ulang tahun kakak perempuannya pada tanggal 11 Agustus, dengan sound sistem yang memadai, kerumunan menjadi saksi sejarah revolusi musik hip-hop bahkan 6 tahun sebelum istilah hip-hop menjadi kosakata kamus populer. Hari ini hip-hop sudah berkembang dan menyebar jauh dari tempat dimana ia dilahirkan.