Budaya

Kenapa Banyak Artis Tersandung Kasus Narkoba?

Sebagaimana yang kita saksikan sendiri entah itu di televisi ataupun media lain, banyak selebritis dan nama-nama besar di negeri ini yang tersangkut kasus narkotik dan obat-obatan illegal, mulai dari penyanyi Ridho Roma, Iwa K, Pretty Asmara, Tora Sudiro dan yang baru-baru ini ramai diperbincangkan, penyanyi Ello-atas kepemilikan ganja.

Dengan rentetan penangkapan para pekerja kreatif ini, tentu melahirkan pertanyaan di benak kita “Kenapa banyak sekali artis atau pekerja seni yang tersandung kasus narkoba?”

Tidak ada jawaban yang mutlak untuk pertanyaan itu, banyak sekali faktor yang mengakibatkan seorang artis mengunakan narkoba, seorang terapis yang sudah lebih dari 15 tahun menangani pecandu narkotik bernama John Tsilimparis menjelaskan “Kecanduan tidak pandang bulu, siapa saja dapat menjadi pecandu.”

Lebih lanjut Tsilimparis menjelaskan bahwa profesi artis dengan segudang kesibukan dan sorotan yang berlebihan mengakibatkan artis menjadikan narkoba dan alkohol sebagai pelarian atas tekanan yang berlebihan dalam hidupnya.

Dr mark Griffiths seorang profesor di Universitas Nottingham Trent memberikan argumentasi di blog pribadinya bahwa bahwa kalangan atas dan selebriti memiliki harta yang lebih dari cukup untuk membiayai kebiasaan menggunakan narkotik, Dr. Griffiths juga menambahkan pada salah satu artikel bahwa adanya anggapan narkotik dapat meningkatkan kreatifitas juga mengakibatkan artis menjadi pecandu.

Dr. Griffiths bersama dua rekannya telah melakukan penelitian hubungan antara kreatifitas dan narkotik pada artis. Tim ini sampai pada kesimpulan bahwa sangat mungkin tidak ada bukti kontribusi langsung dari zat psychoactive meningkatkan kreatifitas seorang artis.

Dengan segala tekanan, kemampuan keuangan dan perangkap stereotype seperti narkotik dapat meningkatkan kreatifitas, tidaklah mengherankan banyak artis yang terjerat narkotik dan tak jarang menemui ajalnya secara langsung maupun tidak langsung.

Permasalahan ini bukanlah permasalahan baru dan tidak hanya dijumpai dinegeri ini, narkotik sudah menjadi permasalahan global, dan terjerumusnya para artis kedalam penggunaan narkoba sangat disayangkan mengingat mereka dapat berperan lebih dalam pemberantasan.