pitt bull
Natural Sosial

Ternyata Bukan Hanya Anjing Pit bull yang Beresiko Menyerang

Baru-baru ini seorang anak berusia 8 tahun di Malang harus kehilangan nyawanya akibat gigitan anjing pit bull peliharaan orangtuanya, menambah deretan korban penyerangan oleh anjing pit bull dan menegaskan citra pitbull sebagai anjing yang berbahaya, akan tetapi apakah pitbull benar-benar seperti yang diberitakan? dari banyak kejadian, bisa diambil kesimpulan bahwa anjing pit bull memang berbahaya.

Cerita pit bull yang menyerang manusia sudah banyak, dan bukan hanya di Indonesia saja. Kajian selama lima tahun mengenai luka gigitan anjing dari rumah sakit anak Philadelphia-Amerika yang diterbitkan pada tahun 2009 di jurnal Plastic and Reconstructive Surgery menemukan bahwa hampir 51 persen serangan berasal dari anjing pit bull, hampir 9 persen berasal dari anjing rottweiler dan 6 persen berasal dari keturunan kedua anjing tersebut. Dengan kata lain 2/3 dari kasus serangan anjing yang dibawa kerumah sakit anak Philadelphia berasal dari jenis anjing pit bull dan rottweiler.

Penelitian lain mendukung statistik ini, sebuah studi selama 15 tahun yang diterbitkan pada tahun 2009 di American Journal of Forensic Medicine and Pathology mengungkapkan bahwa anjing pit bull, rottweiler dan gembala jerman bertanggung jawab atas mayoritas serangan anjing yang fatal dinegara bagian Kentucky, selain itu sebuah kajian ditahun 2011 oleh Annals of Surgery menyimpulkan bahwa:

“Serangan pit bull dikaitkan dengan tingkat kesakitan, biaya perawatan dan resiko kematian yang lebih tinggi dibandingkan serangan oleh anjing jenis lain.”

Beberapa negara bagian telah mengambil sikap atas penelitian yang telah dilakukan, negara bagian Maryland menetapkan bahwa anjing pit bull “Sangat Berbahaya” dan semua pemilik bertanggung jawab atas cedera yang diakibatkan oleh pitbull peliharaan mereka, menurut harian Baltimore Sun.

Bahkan Angkatan Bersenjata A.S mengakui bahwa pit bull adalah anjing beresiko tinggi, oleh karena itu keberadaannya dilarang di beberapa unit perumahan militer.

pit bull adalah salah satu dari beberapa jenis anjing yang sering menyerang dan menimbulkan cedera fatal, Pusat Kontrol dan Penyebaran Penyakit menganalisa data dan menemukan jenis berikut terlibat dalam mayoritas korban gigitan anjing.

  • Pit bull
  • Rottweiler
  • Gembala Jerman
  • Husky
  • Wolf Hybrid (silang srigala)
  • Malamute
  • Doberman Pinscher
  • Chow-chow
  • Saint Bernard
  • Great Dane

Tanpa menghiraukan bagaimana data tersusun, keturunan campuran ataupun murni, pit bull secara konsisten berada di urutan teratas daftar serangan anjing, diikuti dengan rottweiler diurutan ke-2 dengan selisih yang cukup jauh.