Atom
Sains

Apakah Atom?

Atom adalah satuan dasar dari materi, juga struktur yang menentukan elemen. Sedangkan materi sendiri dari sudut pandang fisika klasik adalah zat manapun yang memiliki massa dan mengisi ruang.  Atom terdiri dari 3 partikel yaitu proton, neutron dan elektron.

Proton dan neutron lebih berat daripada elektron, keduanya berada di pusat atom yang disebut nucleus atau inti atom. Elektron sangat ringan, berada di awan (istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan ruang gerak elektron) mengitari orbit nucleus. Awan elektron memiliki radius 10.000 kali lebih besar daripada nucleus.

Proton dan neutron memiliki kurang lebih massa yang sama, namun satu proton memiliki berat sekitar 1.800 elektron. Atom selalu memiliki jumlah proton yang sama dengan jumlah elektron, dan jumlah proton dengan neutron biasanya juga sama. Menambahkan sebuah proton kepada atom menghasilkan elemen baru, sedangkan menambahkan neutron menghasilkan isotope-atom yang sama namun dengan penambahan pada berat.

Proton

Proton adalah partikel bermuatan positif yang ditemukan dalam nucleus. Ditemukan oleh Ernest Rutherford dalam eksperimen yang dilakukan antara tahun 1911 hingga 1919.

Jumlah proton dalam sebuah atom menentukan elemen. Sebagai contoh, karbon memiliki 6 proton, hidrogen memiliki 1, dan oksigen memiliki 8.  Jumlah proton dalam sebuah atom disebut sebagai nomor atom dari elemen tersebut. Jumlah proton dalam sebuah atom juga menentukan sifat kimia dari elemen.

Elektron

Elektron memiliki muatan negatif dan secara elektrik tertarik dengan proton yang bermuatan positif. Elektron mengelilingi nucleus dijalur yang disebut orbital. Orbital bagian dalam yang mengelilingi atom bersifat melingkar, sedangkan orbital luar jauh lebih rumit.

Sebuah konfigurasi elektron dari atom adalah gambaran orbital dari lokasi elektron dalam sebuah atom yang tidak tereksitasi. Dengan menggunakan konfigurasi elektron dan prinsip fisika, ahli kimia dapat memprediksi sifat atom seperti stabilitas, titik didih dan konduktivitas.

Neutron

Neutron adalah partikel tanpa muatan yang ditemukan dalam nucleus. Massa sebuah neutron sedikit lebih besar daripada proton. Sebagaimana proton, neutron juga terdiri dari quark. Neutron ditemukan oleh James Chadwick pada tahun 1932.

One thought on “Apakah Atom?

Comments are closed.