Tekno

Pengakuan Pengguna Samsung Galaxy S8

Sekitar dua bulan yang lalu saya sudah mulai menggunakan Samsung Galaxy S8 sebagai perangkat utama untuk menjalankan aktifitas sehari-hari, dan saya sudah bisa mengambil beberapa kesimpulan mengenai kekurangan dan kelebihannya.

Biasanya setelah seminggu pemakaian rutin saya sudah paham apa kelebihan dan kekurangan dari sebuah gadget, bahkan saat menggunakan KODAK EKTRA atau Xiaomi PineCone SoC saya hanya membutuhkan dua atau tiga hari, namun Samsung Galaxy S8 rupanya sedikit berbeda, benar-benar seperti menaklukan kuda liar dan membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan fingerprint dan asisten A.I-nya, saya rasa hal tersebut sebaiknya dikaji lagi oleh Samsung.

Fingerprint Samsung Galaxy S8+ sedikit lebih besar dan tidak berada ditengah, membutuhkan waktu sekurangnnya dua minggu untuk benar-benar terbiasa. Sejujurnya, desain sebuah gadget yang berhasil tidak akan membutuhkan waktu lama bagi penggunanya untuk terbiasa.

Meskipun butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan letak fingerprint, menjelang terbiasa saya kira saya bisa menggunakan scanner iris, dan memang untuk beberapa hari saya tidak menemukan permasalahan, hingga suatu kali saat berada dibawah teriknya matahari, scanner iris Galaxy S8 samasekali tidak bisa digunakan. Scanner akan tetap berfungsi dengan baik ditempat yang terlindungi dari sinar langsung matahari, namun jika berada diluar ruangan yang mendapatkan penerangan langsung dari matahari, kecil kemungkinan scanner iris bisa digunakan.

Saya agak kesal jika membicarakan hal ini, yaitu software. Samsung Galaxy S8 berjalan “Ngos-ngosan” saat melakukan multi-tasking yang sebenarnya tidak harusnya demikian. Saya membeli gadget baru dengan specs yang tinggi dan harga mahal agar dapat melakukan multi-tasking dengan mulus, kenyataannya saat saya berpindah dari Google maps ke whatsapp berulangkali, S8 saya crashed.

Satu lagi, Bixby, masih belum maksimal, dan satu hal yang sering mengganggu keasyikan adalah, saat menonton video lalu secara tidak sengaja menyentuh tombol Bixby, Galaxy S8 akan lag selama kurang lebih dua detik sebelum Bixby akhirnya muncul dan mematikan video.

Selama hampir dua bulan pemakaian, satu hal dari Galaxy S8 yang saya kagumi adalah layarnya, sangat brilliant dan memuaskan, namun masih banyak kekurangan pada software yang harus diperbaharui oleh Samsung. Saat ini saya tidak bisa mengandalkan S8 secara penuh, untuk beberapa aktifitas saya masih mengandalkan Huawei P10 atau Xiaomi Mi Mix lama saya, namun saya yakin kedepan pasti ada peningkatan dari Samsung, karena sebelumnya saya selalu puas dengan smartphone Samsung.