Sains

Ini Dia Hubungan Video Game Dengan Ejakulasi Dini

Beberapa video game acapkali menuai kritik yang pedas, umumnya kritik tersebut lahir atas keprihatinan terhadap meningkatnya prilaku agresif dari sang gamer yang berakibat pada kehidupan sehari-harinya. Jika memang game memiliki dampak pada kehidupan gamer, bagaimana dengan kehidupan seks? apakah ada hubungan antara game dan seks?

Melihat kurangnya bukti antara video game dan kesehatan seksual sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan di Journal of Sexual Medicine melakukan survey terhadap 369 pria italia yang berusia antara 18 hingga 50 tahun.

Hasil penelitian menunjukan mereka yang bermain game sekurangnya sejam dalam sehari memiliki kemungkinan ejakulasi dini lebih rendah dibandingkan pria yang tidak bermain game. Terdengar menyenangkan? tidak juga.

Penelitian juga memperlihatkan, para gamer memiliki hasrat seksual yang lebih rendah. Hal itu mungkin disebabkan video game terkadang dapat meningkatkan stres para pemain hingga mengakibatkan hyperprolactinemia, yang kemungkinan mengakibatkan hilangnya dorongan seksual, ujar peneliti.

Peneliti kemudian menjelaskan, meskipun penelitian menunjukan hal yang berlawanan namun hal tersebut ternyata saling berkaitan, dikarenakan video game memasok aliran dopamin yang stabil, dopamin adalah “Hormon kesenangan” yang terlibat dalam merangsang orgasme, oleh karena itu gamer mengalami penurunan respon reseptor, yang mengakibatkan toleransi pada reflek ejakulasi dan penurunan gairah seksual.

Namun demikian analisa ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menghasilkan pemahaman yang lebih baik mengenai hubungan antara kesehatan seksual dan video game.

“Menurut saya bermain video game sama halnya dengan latihan fisik, akan ada efek yang baik jika tidak dilakukan secara berlebihan. Akan tetapi jika ada batasan yang dilanggar efek buruk akan terjadi” Ujar Andrea Sansone. “Kami masih berusaha meraba dalam penelitian ini, saya harap cepat atau lambat kita dapat menghasilkan kesimpulan yang lebih akurat.” tutupnya.