Tekno

Bernostalgia Dengan Nokia 3310 Baru

Salah satu agensi berita ternama di Indonesia pada hari kamis melaporkan bahwa Nokia 3310 resmi rilis di Indonesia dengan kisaran harga Rp. 650.000. Pastinya ini kabar yang menyenangkan bagi anda yang dulu pernah memiliki dan menyukai Nokia 3310 original, namun sedari awal saya memberitahukan bahwa ponsel ini tidak akan menggantikan iPhone, Samsung atau smartphone lain yang saat ini anda miliki.

Kenapa? karena dengan kebiasan kita yang sangat bergantung pada kemudahan dan segala hal yang berbau sosial pada ponsel kemungkinan tidak akan bisa mengandalkan ponsel tanpa 3g, wifi, aplikasi dan touchscreen seperti Nokia 3310 baru, namun ada dua hal yang layak untuk dipertimbangkan yaitu harganya yang murah dan baterai yang tahan lama.

Nokia 3310 baru yang memiliki body dan layar plastik dengan berat 79gr ini mungkin bukan ponsel yang setiap saat anda genggam untuk mengabadikan setiap momen lalu membagikannya di sosial media. Tapi inilah ponsel yang anda butuhkan saat menghadapi keadaan yang beresiko merusak smartphone mahal anda, atau jika anda berada dalam perjalanan dan membutuhkan baterai yang tahan lama agar tetap dapat berkomunikasi, juga jika anda berada disuatu tempat yang rawan kejahatan dan ingin melakukan panggilan.

Sama dengan pendahulunya, Nokia 3310 baru memiliki screen 240×360, 2.4 inci display warna dengan lapisan terpolarisasi yang memudahkan untuk melihat layar meskipun matahari sangat terang. Nokia mengatakan pada kondisi standby daya tahan baterai lebih dari satu bulan hanya dengan sekali pengisian, saya sendiri belum memastikan hal ini, namun memang selama beberapa hari penggunaan aktif baterai tetap bertahan tanpa perlu pengisian meskipun diselingi mengambil foto, mendengar musik dan bermain game.

Untuk ketahanan, Nokia 3310 baru tidak usah diragukan, ponsel ini sudah sering jatuh dari  saku saya hingga membentur mulai dari rumput, kayu ataupun material padat seperti lantai semen, tidak ada kerusakan dan masih bekerja dengan baik, hanya ada beberapa goresan pada body.

Nokia 3310 baru terlihat lebih ramping dan memiliki lekuk lebih seksi, namun secara keseluruhan sangat menyerupai versi original, saat pertama kali memandangnya saya teringat masa-masa remaja dimana saya sering mengirim sms kepada wanita-wanita yang saya sukai menggunakan 3310 original menggunakan kalimat yang singkat agar tidak lebih dari 160 karakter.

Tersedia beberapa pilihan warna permanen, artinya anda tidak akan bisa menukar penutupnya, jadi dari awal anda harus menentukan warna yang benar-benar anda sukai, juga aplikasi yang ada disediakan sangat sedikit, meskipun saya menganggap dua hal ini adalah kekurangan dari Nokia 3310 baru namun hingga saat ini saya tidak menyesal membelinya, sebaliknya saya sangat senang bisa bernostalgia dan kembali bermain dengan versi-berwarna dari game favorit saya dulu “Snake.”