Tekno

Google Stop Dukungan Pada Android Gingerbread

Google secara resmi hentikan dukungan untuk update terbaru Android Gingerbread di Google Play, ini secara efektif memutuskan tali antara ekostistem Android yang luas dengan sistem operasi Gingerbread v2.3 yang beredar.

Meskipun pernah mendominasi pasar Android tetapi pada kenyataannya pengguna Gingerbread sekarang sudah berkurang. Angka statistik terbaru menunjukkan pengguna Gingerbread hanya tinggal 1% yang mengunjungi Google Play Store. Sama dengan versi Android setelahnya, yaitu Ice Cream Sandwich (V4.0.x) yang juga menduduki angka satu persen dalam waktu sementara ini.

Tentu saja 1% dari pasar Android merupakan angka yang signifikan dari jumlah perangkat. Kita tidak ragu atas kebijakan ini, bahwa Google ingin memindahkan semua orang ke versi yang lebih baru dari Android. Ini berguna untuk meningkatkan keamanan pada handset, membuka lebih banyak aplikasi dan fungsionalitas bagi pengguna.

Gingerbeard adalah produk warisan dari Android, tetapi akan tiba saatnya dukungan itu akan dihentikan, mengingat penurunan nilai (depresiasi) oleh Gingerbeard setelah beberapa waktu. Meskipun update pada Gingerbread telah dihentikan tetapi pengguna masih dapat memfungsikan handset mereka, seperti membuat panggilan, untuk menjalankan aplikasi yang ada, untuk menangani data dan melakukan semua hal yang diharapkan mampu dilakukan oleh smartphone itu.

Para pengembang aplikasi dan games tidak akan dapat menggunakan semua fitur dari Google Play v10.2 dan juga versi setelah setelahnya. Jika target mereka adalah perangkat bertenaga Gingerbread, maka v10.0 adalah fitur terakhir yang akan mendukung perangkat bertenaga Android 2.3.

Sudah enam tahun Gingerbread menemani pecinta Android, namun perjalanan Gingerbread ini sudah berakhir. Fokus dari Mountain View akan mengembangkan versi terbaru dari Android, dan mengerakkan orang secepat mungkin untuk berganti ke hansets yang baru.