Terapan

Xiaomi “PineCone” SoC Siap Bersaing di Pasaran

Kita tahu bahwa ada banyak produsen smartphone di dunia ini. Namun, hanya beberapa dari mereka yang memiliki SoC sendiri. Sebuah SoC, atau Sistem-on-a-Chip untuk nama lengkapnya, mampu mengintegrasikan hampir seluruh komponen-komponen inti ke dalam satu chip silikon. Bersama dengan CPU, SoC biasanya berisi GPU (prosesor grafis), memori, USB controller, sirkuit manajemen daya, dan radio nirkabel (WiFi, 3G, 4G LTE, dan sebagainya). Produsen yang telah berhasil menerapkan chip mereka sendiri adalah termasuk pemimpin pasar Samsung dengan “Exynos”, Apple dengan “A” seri, dan Huawei dengan prosesor nya “Kirin”. Xiaomi akan menjadi pemain ke-4 bergabung dengan mereka segera.

Kita pertama kali mendengar berita tentang Xiaomi mengembangkan chip sendiri pada pertengahan 2015, ketika wakil presiden produsen prosesor Leadcore mengumumkan kemitraan dengan Xiaomi untuk membantu merancang chip tersebut. Hari ini kita benar-benar bersemangat dan bangga karena telah diumumkan bahwa Xiaomi akan mengungkap  sendiri segala rincian tentang “Pinecone” SoC pada 28 Februari 2017.

Chipset akan ditawarkan dalam dua varian. Seri menengah V670  rumornya untuk memperkuat Mi 5. V670 Pinecone SoC diperkirakan menggunakan proses manufaktur 28nm, sedangkan seri yang lebih tinggi (Higher-End) V970 Pinecone SoC yang dibangun lewat proses manufaktur 10nm akan dipasang pada Mi 6s dan Mi Note 3.

Ikuti terus berita terkini mengenai ini karena dipastikan menarik, dikarenakan Prosesor dari Xiaomi ini akan beredar dipasaran bersama prosesor tangguh dari merk lain. Jika prosesor ini bertahan di pasaran maka membuat Xiaomi produsen smartphone asal Cina kedua setelah Huawei yang berhasil memproduksi unit pengolahan (chip) sendiri.

Catatan : Sebutan “Pinecone” diterjemahkan langsung dari istilah China dan belum dikonfirmasi lansung oleh Xiaomi

2 thoughts on “Xiaomi “PineCone” SoC Siap Bersaing di Pasaran

Comments are closed.