Tekno

Selamat Tinggal Headphone Jack !

Fenomena “Simple nan minimalis” menggandrungi produsen smartphone saat ini, tidak ketinggalan tren ini juga menyerang para produsen smartphone berbasis android. desainer dari masing-masing pabrikan pun coba merancang se-simple dan sekeren mungkin, dengan tujuan menangkap hati kalangan anak muda dan kalangan penggila style (modish people).

Untuk merealisasikan tujuan ini para vendor tidak tangung-tangung dalam membuat perubahan fisik ponsel, Perubahan yang dimaksud ialah pada sisi bagian luar handphone. kenapa? karna memang bagian inilah yang tertangkap langsung oleh mata. Perubahan besar apakah itu? Yap, beberapa produsen smartphone telah ada yang ‘mencabut keberadaan lubang jack audio 3.5 mm’

A : R U kidding me?

B : nope, I’m serious. Don’t worries, NBD on that issue

A:  ***** u, what is NBD

B: googling please ???

(Begitulah kira-kira percakapan 2 orang yang tidak menyangka ditiadakannya lubang jack audio dari badan smartphone)

Dihilangkannya port jack audio menimbulkan kegelisahan tersendiri kepada pengguna smartphone, bagaimana tidak setelah kurang lebih 50 tahun teknologi headset akrab menemani penikmat gadget. Masing-masing pengguna memiliki pengalaman tersendiri mengenai perangkat jack audio ini.

Kekhawatiran dan ‘port less phobia’ ini bukan saja angan-angan, tapi ini sudah direalisasikan oleh beberapa vendor yaitu pada dua model terbaru Motorola, yakni Moto Z dan Moto Z Force di tahun 2016  dan Produsen  LeTV dalam produknya Le 2, Le 2 Pro dan Le Max 2. Pro dan kontra terus membanjiri komen-komen di dunia maya mengenai port less phobia ini.

Beberapa hal yang dilakukan oleh pabrikan untuk mengatasi koneksi yang menggunakan lobang 3.5mm adalah dengan menggunakan Wireless headset konektivitas bluetooth & mengganti lubang konektivitas jack audio 3.5 mm dengan port USB-C yang multi fungsi. konektivitas ini tentunya selain untuk charging ponsel juga bisa digunakan untuk output perangkat audio dan sebagai sambungan antara port USB dan headset menggunakan ‘Dongle’.

Lenovo (yg mengakusisi motorola) mengingatkan calon konsumen tidak usah panik. Guna memperhalus transisi, Lenovo menyelipkan adaptor/dogle dari USB-C untuk antarmuka 3.5mm dalam paket penjualan yang memungkinkan pemilik Moto Z dan Moto Z Force untuk tetap menggunakan headphone lama yang mereka miliki saat ini.

Kekhawatiran semakin terobati dengan adanya vendor yang mengeluarkan aksesoris dongle bercabang 2 (dua) yang bisa untuk charger dan untuk jack audio. sehingga pengguna bisa mengisi baterai telepon dan mendengarkan musik secara bersamaan. – No worries

Jika ini benar-benar direalisasikan dalam banyak smartphone di tahun 2017 ini, termasuk dalam brand yang kita sayangi, maka saatnya kita katakan “Selamat tinggal headphone Jack !” 

One thought on “Selamat Tinggal Headphone Jack !

Comments are closed.