Tekno

Scientific Linux 7.3 Resmi Dirilis

Setelah pengembangan 2 RC (Release Candidate), versi final Scientific Linux 7.3 akhirnya tersedia mulai akhir bulan kemarin.

Berasal dari source sistem operasi Red Hat Enterprise Linux 7.3 komersial yang didistribusikan secara gratis, Scientific Linux 7.3 menyertakan banyak komponen yang telah diperbaharui dan semua teknologi GNU/Linux/Open Source dari rilis yang upstream (terdekat dengan source).

Jelas, semua paket spesifik Red Hat Enterprise Linux telah disingkirkan dari Scienfic Linux, yang mana sekarang mendukung Scientific Linux konteks, memperbolehkan para pengguna untuk membuat kustomisasi lokal untuk kebutuhan computing yang jauh lebih efisien dari sebelumnya.

Anaconda installer juga telah diperbaharui, tidak terlalu membosankan untuk para pengguna non-konteks, menghindari media instal 4.7GB dikarenakan rilis yang berukuran besar, dan pembaharuan implementasi open source OpenAFS Andres File System ke versi 1.6.20.

Rilis Scientific Linux 7.3 yang sekarang juga termasuk berbagai perbaikan untuk booting sistem operasi pada mesin UEFI dengan memperbolehkan Secure Boot, akan tetapi masih membutuhkan campur tangan pengguna.

Booting SL7 dengan Secure Boot membutuhkan langkah manual, ujar Pat Riehecky dari Fermilab pada pengumuman rilis dimana anda juga bisa menemukan instruksi yang spesifik.

Selain itu, Scientific Linux 7.3 menyertakan Scientific Linux End User License Agreement (EULA), yang memiliki informasi detil mengenai kontrak pemerintah AS yang dibawahnya perusahaan Fermilab membuat Scientific Linux OS.

Direkomendasikan untuk mengecek release note jika anda ingin mengetahui paket spesifik linux mana yang telah dimasukan kedalam pembaharuan besar ini, dan juga untuk mempelajari cara upgrade dari seri Scientific Linux 6.

Scientific Linux 7.3 64-bit (x86_64) ISO image tersedia untuk download sekarang jika anda ingin menginstalnya di komputer anda. Scientific Linux adalah sistem operasi untuk CERN, organisasi Eropa untuk riset nuklir.