Tekno

Mencoba PIXEL OS Raspberry PI Pada PC

Beberapa tahun belakangan Raspberry Pi Foundation (RPF) bekerja keras untuk mengoptimalkan Raspbian, port Debian, untuk hardware PI, termasuk beberapa software untuk tujuan edukasi, tool untuk permrograman dan desktop yang lebih menarik.

September kemarin, dirilis update yang memperkenalkan modifikasi Xwindows PI, Lightweight (PIXEL), desktop terbaru PI. Menjelang natal, versi OS untuk sistem PC x86 juga rilis, sehingga PIXEL OS sudah bisa terpasang di PC, Mac atau laptop. Sebagaimana layaknya distro Linux dengan dukungan yang baik, PIXEL OS berjalan mulus pada hardware yang uzur.

PIXEL ISO tersedia di website Raspberry PI, dan DVD live bootable bisa langsung anda dapatkan jika membeli majalah The MagPi.

Dukungan Debian

Raspbian,atau distro x86 PIXEL tidak akan berjalan dengan mulus tanpa Debian yang menjadi penyangga. Debian memiliki software, program, game dan tool open source yang sangat banyak dan bagus, yang bisa diambil dari APT repository. Untuk Raspberry PI hanya terbatas pada paket yang berjalan pada chip ARM, namun untuk PC paket yang bisa digunakan akan lebih banyak, karena chip Intel mendapat dukungan yang lebih baik.

Raspbian atau Debian dengan PIXEL akan menyertakan langsung beberapa software. Pada Raspbian akan terdapat beberapa software berikut:

  • Software pemrograman untuk Python, Java, Scratch, Sonic PI, Mathematica (khusus Raspbian), Node-RED, dan emulator Sense HAT.
  • LibreOffice Office Suite
  • Chromium (termasuk flash) dan web browser Epiphany
  • Minecraftm (khusus Raspbian): edisi PI (termasuk API Python)
  • Berbagai tool dan utilitas lain

PIXEL live disk

Anda bisa mendownload PIXEL ISO dan membuat boot menggunakan DVD atau USB, semua software bisa langsung digunakan tanpa harus menginstal apapun ke komputer. Jika anda selesai menggunakan, cukup lepaskan media boot USB atau DVD dan komputer akan kembali ke sistem operasi yang terpasang di komputer anda.

Virtual Machine

Pixel juga bisa digunakan menggunakan mesin virtual seperti VirtualBox, serupa dengan live disk/USB anda bisa menggunakan tanpa harus menginstal pada komputer.

Instal Pada Komputer

Jika ingin langsung menginstal PIXEL ada baiknya anda mencobanya terlebih dahulu pada laptop lama anda. Proses instalasi distro Linux modern cukup gampang, ikuti saja langkah-langkah yang diberikan dan gunakan pengaturan umum.

PIXEL Untuk Edukasi

Dengan PIXEL live disk para guru dan murid bisa langsung boot ke sistem yang memiliki bahasa pemrograman dan tool yang siap digunakan untuk proses belajar mengajar tanpa harus meminta ijin ke pihak manapun, semua gratis.

Remote GPIO

Salah satu fitur yang membedakan Raspberry PI dengan PC adalah pin General Purpose Input/Output (GPIO), yaitu pin yang memungkinkan anda untuk berhubungan langsung dengan perangkat lain. Python library GPIO Zero memiliki kemampuan untuk mengontrol pin GPIO Raspberry PI lewat jaringan dengan code sederhana yang terdapat pada PC.

Sangat memungkinkan untuk remote GPIO dari satu Raspberry ke Raspberry lain, atau dari komputer manapun yang menggunakan OS apapun, akan tetapi dengan x86 tentu saja akan lebih gampang.

One thought on “Mencoba PIXEL OS Raspberry PI Pada PC

Comments are closed.