Formal Terapan

Punya Rahasia di Gadget? Cepat Amankan ke Linux!

Akhir-akhir ini Windows semakin “Kepo” dengan penggunanya, dan ternyata bukan cuma Windows saja. Semenjak Yosemite keluar, sistem operasi Apple macOS tidak bisa lagi dipercaya. Sedangkan Chrome OS, Android dan IOS nyaris tidak ada bedanya, ketiga sistem operasi tersebut lebih dekat dengan layanan Cloud, mereka telah didesain untuk berbagi dengan third-party. Apa lagi yang bisa dipercaya? jawabannya adalah Linux desktop.

Bagi beberapa orang yang menginginkan keamanan dan stabilitas, linux adalah sistem operasi pujaan.  Dan akhir akhir ini pujian pun makin bertubi-tubi datang dari pengguna yang membutuhkan kerahasiaan. Anda tentunya memiliki rahasia bukan? pasti! semua orang memiliki rahasia, jika anda meletakan rahasia itu pada sistem operasi selain Linux, hanya butuh beberapa detik bagi pihak tertentu untuk mengetahuinya dan tidak butuh waktu lama untuk menjadikan rahasia anda viral di Internet.

Dulu keamanan Windows sangat jelek, tapi sekurang-kurangnya tidak ada data pengguna yang dilaporkan ke markasnya. Sekarang? jangan ditanya! spyware akan mendata banyak hal yang ada di komputer anda (jika tersambung ke Internet), begitu juga dengan sistem operasi lain.

Sekarang anda tahu jawabannya, kenapa foto atau video atau data yang sensitif bisa tersebar kemana-mana. Jadi jika anda memang memiliki rahasia yang penting, anda membutuhkan sistem operasi yang tidak melakukan transaksi bebas di Internet, secara praktek Linux desktop adalah sistem operasi yang anda butuhkan.

Aplikasi semacam LibreOffice office suite, Evolution Email Client dan pengolah gambar GIMP sama baiknya dengan kompetitor mereka di Windows (sekurangnya mereka terus memperbaiki mutunya). Jika anda benar-benar membutuhkan aplikasi Windows yang spesifik, berikan kepercayaan pada Wine 2.0 untuk menjalankan aplikasi Windows pada Linux maka kecil kemungkinan anda dikecewakan, anda bahkan bisa menjalankan Microfost Office 2013 dengan mulus menggunakan Wine.

Jika anda berpikir Linux adalah sistem operasi yang rumit, kemungkinan anda ketinggalan informasi. Linux modern sangat gampang digunakan, segampang anda menggunakan televisi atau mesin cuci. sebagai contoh, Linux Mint memiliki segala sesuatu yang dimiliki oleh desktop pada umumnya, anda akan terbiasa menggunakannya dengan cepat.

Akan tetapi kembali lagi ke persoalan kerahasiaan, jika anda memang sangat-sangat membutuhkan keamanan dan kerahasiaan, coba Linux desktop yang sedikit lebih ketat seperti Kali Linux, Qubes OS dan Tails. Tetapi ingat, apa yang anda lakukan di Internet menentukan tingkat kerahasiaan anda. Jika anda posting segala sesuatu tentang hidup anda di media sosial seperti Facebook, sistem operasi paling aman sekalipun tak akan bisa melindunginya.

Jangan salah paham! Linux juga memiliki permasalahan kemanan, akan tetapi permasalahan keamanan pada Linux jauh lebih sedikit daripada sistem operasi lain. Terakhir, mengutip perkataan dari seorang ahli keamanan-IT Bruce Schneier:

“Keamanan adalah proses, bukan sebuah produk”

Bersama Linux, anda akan belajar hal yang mendasar mengenai keamanan dan kerahasiaan.