Bisnis

Google Mempererat Hubungan Android Dengan Intel Untuk IoT

Intel mungkin telah putus hubungan dengan Google untuk urusan tablet dan smartphone, akan tetapi kemitraan antara kedua perusahaan berangsur menguat pada ioT (Internet of Things).

Google Android Thing, versi mini dari Android untuk smart device, akan segera bersanding dengan Joule 570x Intel board.

Kombinasi ini diharapkan nantinya akan melahirkan gadget berbasis Android atau smart device yang dapat digunakan untuk kebutuhan rumah, retail maupun indsutri.

Board Intel memberikan kekuatan yang lebih dari cukup pada grafis dan sistem. dengan kecakapan grafis 4K, 570x sangat baik untuk perangkat yang menggunakan layar atau komputer pengamat seperti robot dan drone. Intel telah mendemostrasikan robot bartender yang menggunakan 570x di pameran Intel tahun kemarin.

Fitur yang menonjol dari Joule 570x adalah Realsense 3D depth camera, yang dapat mengenali objek dan menentukan jarak. Selain itu terdapat juga Atom T5700 processor, 4GB LPDDR4 RAM, penyimpanan 16GB, dan 802.11ac Wi-Fi.

Saat ini, hanya 3 board yg mendukung Android Things, yaitu Raspberry Pi, Intel Edison, dan NXP Pico i.MX6UL.

Membuat lebih banyak perangkat yang Android Things secara efektif membantu Google menyaingi Alexa, teknologi asisten-suara dari Amazon.

Minggu lalu, Google mengisyaratkan bahwa para pengembang dapat membuat perangkat dengan teknologi machine-learning Google seperti suara dan pengenal suara yang terutama berbasis di cloud. Google akan menyediakan API TensorFlow-nya untuk pengembang akhir tahun ini.

Android Things masih dalam peninjauan, dan versi final dari OS belum dirilis. OS sebelumnya berjalan dengan nama Project Brillo, dan tanggal rilis untuk versi final dari OS ini belum diketahui.

Android Things juga salah satu cara Google untuk memerangi Microsoft Windows 10 IoT core, Ubuntu Snappy Core, dan OS berbasis Linux lainnya. Miliaran perangkat IoT akan tersedia di tahun-tahun mendatang, dan akan terjadi persaingan yang ketat, seperti persaingan OS di pasar PC dan server.