nuxid.com - review
Tekno

Tahun 2017 Aplikasi Android Hadir di Laptop

Android ada di mana-mana dan laptop segera menyusul.

Sudah beberapa tahun ini semenjak kemunculannya Android menjadi platform paling populer didunia, dan riset menunjukan pengguna Android akan terus meningkat di masa yang akan datang.

Hanya satu perangkat  yang selama ini berhasil menghindar dari Android, yaitu laptop – terutama karena laptop tidak terikat dengan sistem operasi manapun. Tapi keadaan akan berubah pada tahun 2017 dikarenakan Chromebook (menjalankan sistem operasi Google Chrome) akan mendapatkan akses ke Google Play Store dan Android.

“Semua Chromebook yang diluncurkan pada 2017 dan sesudahnya dapat memasang aplikasi Android,”

tegas google di page Chromium Project. Page ini juga berisi daftar Chromebook yang saat ini beredar dan siap memasang aplikasi Android.

Daftar yang panjang dan didalamnya termasuk puluhan Chromebook dari perusahaan seperti Dell, Hewlett-Packard, Lenovo, Samsung, Asus, dan Acer.

Untuk memahami apa yang di incar Google di tahun 2017 kedepan, inilah pernyataan mereka tahun kemarin.

“Kami sedang mengusahakan Google Play … untuk Chromebook. Artinya Anda akan dapat men-download dan menggunakan aplikasi Android, dapat melakukan panggilan Skype, bekerja dengan file Office … atau beristirahat sambil bermain game seperti Minecraft, Hearthstone atau Clash of Clans.”

Postingan blog melanjutkan.

“Aplikasi yang ada di ponsel dan tablet sekarang dapat terpasang di Chromebook tanpa mengorbankan kecepatan, kesederhanaan dan keamanannya.”

Android adalah interface berbasis layar sentuh, akan klop dengan Chromebook terbaru yang juga menambahkan layar sentuh.

Acer, misalnya, mengumumkan Chromebook spin 11 minggu ini di sebuah pameran pendidikan di London. Layar sentuh spin 11 adalah hibrida Chromebook 2-in-1 yang dapat dikonfigurasi sebagai laptop standar atau dikonversi ke “Mode tablet.”

Lenovo juga mengumumkan Chromebook baru minggu ini: Lenovo N23 Chromebook dan N23 Yoga Chromebook.

“N23 versi Yoga adalah Chromebook Lenovo pertama yang dilengkapi dengan prosesor berbasis ARM, dioptimalkan untuk menjalankan aplikasi Google Play Store,”

kata perusahaan itu dalam sebuah posting blog pada hari Selasa.

Dan fakta bahwa versi Yoga dilengkapi dengan prosesor ARM – bukan prosesor Intel – ini penting karena prosesor ARM digunakan di seluruh smartphone Android papan atas dunia seperti Samsung, Google, Motorola, dan LG. Android secara historis telah memiliki kompatibilitas yang lebih baik dengan chip ARM.

Mungkin hal terpenting dari Chromebook jika berhasil mendapatkan konsumen yang luas adalah “Harga.” Lenovo N23 Chromebook akan tersedia pada bulan Februari 2017, mulai dari harga $199. Dan Lenovo N23 Yoga Chromebook akan tersedia pada bulan April 2017, mulai dari harga $279. sebagian besar dari Chromebook akan memiliki harga dibawah $400.